MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Manfaat Program TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar Mulai Dirasakan Warga Tola
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Manfaat Program TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar Mulai Dirasakan Warga Tola

    Sabtu, 03 Juli 2021, 12:27 WIB Last Updated 2021-07-03T04:27:03Z


    MEDIA SELAYAR.
    Memasuki pekan ketiga pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 111 Kodim 1415/Selayar, yang dipusatkan di Kampung Tola, Kelurahan Bontobangung, Kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, semakin banyak hal yang menarik perhatian publik dari lokasi TMMD ke 111 ini.


    Kenapa menarik, karena kampung Tola Lura' Gantarang, sebelumnya telah puluhan tahun terisolir tanpa akses jalan. Sehingga informasi terkait kekayaan alam dan sumber daya daerah pesisir timur pulau Selayar ini kurang terekspose ke publik.


    Dengan adanya program TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar yang telah membuka akses jalan ke kampung Tola, membuat kampung Tola saat ini sudah bisa dikunjungi, dan setelah aksesnya terbuka, ternyata banyak hal yang menarik dari kampung Tola.


    Potensi wisata salah satunya. Belum lagi karena letaknya di pinggir pantai timur pulau Selayar, membuat daerah ini juga memiliki potensi perikanan dan kelautan yang melimpah, termasuk hasil kekayaan alam dari bidang pertanian.


    Dengan terbukanya akses jalan ke kampung ini, semakin membuka peluang, tingkat kesejahetaraan warga Tola akan semakin meningkat.


    Pembukaan akses jalan ke kampung Tola oleh Satgas TMMD Ke 111 Kodim 1415 Kepulauan Selayar, saat ini sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Kampung Tola.


    Hal ini disampaikan oleh Ketua LSM LP-RI DPD Sulsel, Imran Hasan P. Patomboni saat melaksanakan bakti sosial dilokasi TMMD ke- 111 selama 2 hari bersama pemerhati lainnya. 


    Imran mengungkapkan bahwa selama nginap di kampung Tola, Ia banyak berinteraksi dan berkomunikasi dengan warga Kampung Tola. Termasuk Ia melihat para pelaku UKM penyedia sembako saat ini merasa senang karena selama keberadaan Satgas TMMD di kampung mereka, penjualan mereka semakin laku dan meningkat.


    Sementara untuk ke membeli barang dari pusat kabupaten juga semakin mudah dan cepat, sehingga para pedagang kecil ini semakin gembira karena keuntungan yang meningkat.


    "Warga Kampung Tola merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan TMMD ke-111 yang dilaksanakan di kampung mereka, dan saat ini warga sudah sangat mudah ke kota untuk membeli kebutuhan sehari-hari," kata Imran Hasan, Sabtu (3/7).


    Lanjut, Imran Hasan menuturkan bahkan sekarang sudah ada warga Kampung Tola yang mulai membuka kios kecil-kecilan didepan rumahnya dan berjualan kebutuhan warga dan satgas yang ada di lokasi TMMD.


    "Saya sempat singgah untuk beli rokok dan tanya-tanya penjualnya. Alhamdulillah, katanya saat ini jualannya sudah mulai lancar, karena sudah setiap hari turun ke Benteng untuk membeli barang kebutuhan sebelum stok yang dikiosnya habis," ujar Imran Hasan.


    Ia hanya berharap, dengan terbukanya akses ini, perhatian pemerintah ke masyarakat kampung Tola bisa semakin ditingkatkan, khususnya dalam hal membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan bantuan pengelolaan sumber daya yang dimiliki oleh kampung Tola, Lura' Gantarang ini, pungkasnya. (TMC) 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru