Iklan

Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Pantai Bira di Tutup

Senin, 05 Juli 2021 | 19:39 WIB Last Updated 2021-07-05T11:39:40Z


MEDIA SELAYAR.
Semakin meningkatnya kasus penularan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan memutuskan untuk menutup kawasan wisata di Pantai Bira.


Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba Ali Saleng, Senin (5/7) mengatakan kasawan wisata Bira paling ramai dikunjungi. Pada akhir pekan kemarin saja, pengunjung membludak.


Ia mengatakan jika kawasan wisata itu terus dibuka, maka dikhawatirkan penularan Covid-19 juga semakin massif. Karenanya, Pemkab Bulukumba mengantisipasi agar kawasan wisata tersebut ditutup untuk sementara waktu.


"Kita putuskan untuk tutup mulai hari Senin ini sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ujar Ali.


Ali menjelaskan kawasan wisata yang ditutup tersebut adalah titik nol Bira Timur dan jembatan broadwalk. Lokasi ini yang paling padat wisatawan.


Kerumunan pun tidak terhindarkan. Padahal puluhan petugas selalu bersiaga untuk menghalau wisatawan. "Tapi namanya minat masyarakat untuk berwisata itu besar sekali. Makanya kita pilih tutup dulu, kita evaluasi tingkat kunjungannya," ucapnya.


Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengaku sudah meminta Bupati dan Walikota untuk mengawasi kawasan wisata di Sulsel. Jika perlu, menggunakan sistem buka tutup.


"Jadi sebagian wisatawan masuk dulu, lalu ditutup. Sebagian ada yang menunggu lagi di luar. Bergantian," ujarnya.


Ia mengaku tak perlu ditutup permanen. Sebab, pariwisata juga perlu bangkit. Tapi minimal kata Sudirman, ada pembatasan. Misalnya, kawasan wisata boleh dikunjungi 50 persen saja dari kapasitas lokasi.


Dia pun mengingatkan kepada para pengelola atau penanggungjawab destinasi wisata agar memastikan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, hindari kerumunan, menggunakan masker, dan mencuci tangan. Nantinya, objek wisata juga akan dijaga oleh satpol PP, kepolisian dan anggota TNI.


Asal diketahui, sampai 4 Juli 2021, penularan Covid-19 di Sulsel mencapai 237 kasus dalam sehari. Hingga kini kasus yang terkonfirmasi aktif mencapai 2.152. (***)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Pantai Bira di Tutup

Trending Now

Iklan