Iklan

Gejala Umum Terpapar Virus Corona

Media Selayar
Rabu, 23 Desember 2020 | 17:36 WIB Last Updated 2020-12-23T09:40:21Z

MEDIA SELAYAR
. Hingga saat ini virus corona masih menjadi hal baru bagi masyarakat. Banyak pula yang belum mengetahui bagaimana penularannya, gejalanya dan tanda-tanda jika terinfeksi.

Ternyata, ada beberapa tanda yang tidak disadari oleh seseorang jika ia pernah terinfeksi COVID-19. Biasanya, seseorang yang terpapar virus corona akan merasakan berbagai gejala khas juga ada yang tidak merasakan gejala hingga mereka pulih.

Dikutip dari Daily Star, ilmuwan Dr Dominic Piment menyebut sebanyak 80 persen pasien Covid-19 memiliki gejala rHingga saat ini virus corona masih menjadi hal baru bagi masyarakat. 

Banyak pula yang belum mengetahui bagaimana penularannya, gejalanya dan tanda-tanda jika terinfeksi.

Ternyata, ada beberapa tanda yang tidak disadari oleh seseorang jika ia pernah terinfeksi COVID-19. 

Biasanya, seseorang yang terpapar virus corona akan merasakan berbagai gejala khas juga ada yang tidak merasakan gejala hingga mereka pulih.

Dikutip dari Daily Star, ilmuwan Dr Dominic Piment menyebut sebanyak 80 persen pasien Covid-19 memiliki gejala ringan atau tidak memiliki gejala sama sekali.

Berikut beberapa tanda dan gejala COVID-19 yang tidak disadari dikutip Detik Health.

1.Masalah gastroenteritis

Saat tubuh pasien Corona terinfeksi COVID-19 tanda yang bisa terjadi adalah muntah dan diare. 

Meskipun hanya dialami 4 persen pasien, seseorang juga perlu melakukan tes COVID-19 jika kondisi itu muncul disertai batuk, sesak napas, dan suhu tubuh yang tinggi.

2.Sakit tenggorokan

Tanda yang kedua adalah sakit tenggorokan. Saat suara terdengar parau, bisa jadi disebabkan oleh kelelahan atau mengalami flu. Tetapi, suara yang parau karena sakit tenggorokan bisa menjadi pertanda seseorang terpapar COVID-19.

Hal ini karena lebih dari 52,2% dari pasien COVID-19 ternyata mengalami kondisi ini sebagai gejala awalnya.

3. Kelelahan

Tanda dan gejala COVID-19 yang ketiga adalah jika seseorang yang merasa sangat lelah dalam waktu seminggu atau lebih bahkan tidak bisa mengingat apapun dalam beberapa waktu, bisa jadi orang tersebut sudah terpapar COVID-19. 

Sekitar 60 persen orang mengatakan merasa kelelahan saat mereka terinfeksi virus Corona.

4. Kehilangan kemampuan pada indra penciuman dan perasa

Tanda berikutnya adalah hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa. Jika kamu pernah atau sedang mengalami gejala ini, segara lakukan isolasi dan lakukan tes COVID-19 untuk mengetahui sudah terpapar virus atau tidak.

5. Sakit kepala
Sakit kepala juga bisa menjadi salah satu gejala seseorang jika terinfeksi virus Corona. Gejala ini juga merupakan salah satu tanda yang tidak disadari. 

Sebab seseorang mungkin tidak terlalu memperhatikan perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala akibat COVID-19.
Sekitar 70 persen pasien COVID-19 mengaku bahwa mereka mengalami sakit kepala. (***).


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gejala Umum Terpapar Virus Corona

Trending Now

Iklan