MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Gubernur Sulsel Desak PT. IKI Selesaikan Kapal Feri Untuk Selayar
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gubernur Sulsel Desak PT. IKI Selesaikan Kapal Feri Untuk Selayar

    Media Selayar
    Sabtu, 26 September 2020, 18:13 WIB Last Updated 2020-09-26T10:13:28Z
    MEDIA SELAYAR. Gubernur Sulawesi-Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah menegaskan agar penyelesaian pembangunan kapal feri jenis Ro Ro yang sempat tertunda segera diselesaikan.

    Kapal feri penyeberangan penumpang ini dipandang perlu untuk memberikan aksebilitas bagi distribusi orang, kendaraan dan barang di Selayar dan Sulsel.

    Kapal feri Ro Ro yang dibangun ini juga diharapkan menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman dan dapat menghubungkan daerah terisolir.

    Hal ini mengemuka saat Gubernur menerima kunjungan Direktur PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Selayar, H Odding Karim di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis, 24 September 2020.

    "Rencana pembangunan Kapal Loro untuk Kabupaten Selayar, memang sempat tertunda, sudah sempat tergeser. 

    Tetapi sudah kita rencanakan lagi, ada penambahan anggaran, tadi sudah disetujui Bapak (Gubernur Sulsel)," kata Direktur PT. Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa.

    Diana menjabarkan lebih jauh hasil pertemuannya, bahwa fokus yang diinginkan untuk kemajuan Kabupaten Selayar. Termasuk penambahan jalur layanan. Seperti ke Pelabuhan Bira - Pelabuhan Pamatata dan Pelabuhan Jampea.

    "Tidak hanya dua pulau, tadi sudah disampaikan oleh Pak Kadis untuk dirubah rutenya dan itu kita OK," tambahnya.

    Rencananya pembangunan kapal Ro Ro tahun ini dimulai oleh PT IKI, ditarget progres 20-30 persen. Kemudian dilanjutkan di tahun 2021.

    Hal lain yang dibahas, meminta PT IKI untuk membuat kapal fiber sebanyak 20 unit bagi nelayan di pulau-pulau. Tujuannya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Sulsel. Hal ini mengingat Sulsel memiliki 330 pulau dengan potensi yang sangat luar biasa.

    Untuk tugas khusus pembuatan kapal ini dimulai tahun 2021. Kapal fiber tersebut memiliki kekuatan mesin sebesar 17 Gross Tonnage (GT).

    "Dan ini belanjut dengan pembangunan kapal fiber yang ada di 2021. Bapak sudah menugaskan kami untuk 20 unit kapal fiber 17 GT," paparnya.

    Sedangkan Odding Karim menyebutkan, kapal Ro Ro yang dibangun rencananya untuk home base di Pelabuhan Pattumbukang.

    "Home base di Pelabuhan Pattumbukang melayari di seluruh pelabuhan yang ada di lima kecamatan kepulauan. Ini untuk memperlancar transportasi antar pulau di Selayar," ujarnya.

    Kapal Ro Ro ini dibangun dengan nyaman dengan fasilitas lengkap.

    "Ini dibangunnya nyaman. Kalau kita naik, merasa tidak ada ombak. Secara interior Pak Gub minta ada lounge dan cafe," tambahnya.

    Kabupaten Selayar adalah daerah yang memiliki kekhususan, yakni satu-satunya Kabupaten di Sulawesi Selatan yang seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi dan terdiri dari gugusan beberapa pulau sehingga membentuk suatu wilayah kepulauan.

    Gugusan pulau di secara keseluruhan berjumlah 130 buah. Salah satu yang masih menjadi kendala adalah transportasi laut yang belum terkoneksi dengan baik. (***).

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru