Iklan

Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 13 Awak Kapal Perintis KM Asia Satu

Media Selayar
Jumat, 17 Juli 2020 | 18:47 WIB Last Updated 2020-07-17T10:52:44Z
Tim SAR Gabungan Evakuasi 13 Awak Kapal Perintis KM Asia Satu

MEDIA SELAYAR. Sebanyak 13 orang awak kapal perintis KM Asia Satu yang terdampar di tebing timur Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar, berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan pada Jumat (17/7).

Tim SAR Gabungan, Basarnas, TNI AL dan AD - Polri bersama Tim Tagana dibantu warga dusun Gantarang Lalangbata melakukan evakuasi melalui jalur darat kepada awak kapal KM. Asia Satu.

Tim SAR gabungan bergerak dari Gantarang Lalangbata pada pagi hari Jumat menuju lokasi terdamparnya KM Asia Satu. Perjalanan darat dengan berjalan kaki ditempuh selama kurang lebih dua jam ke arah timur Gantarang Lalanbata. Jalur yang curam dan terjal tidak menyurutkan Tim SAR dalam operasi SAR ini.

Sekitar pukul 9.00 Wita, Tim SAR tiba dilokasi terdamparnya KM Asia Satu dan mendapati sebagian besar awaknya telah berada di darat. Selanjutnya Tim SAR menyusun skenario evakuasi dijalur terjal.

Komandan Basarnas Pos Selayar, Febriato kepada Pewarta menjawab bahwa kejadian terdamparnya kapal Asia Satu diketahui setelah ada postingan warga dimedia sosial. Selanjutnya menerima laporan dari warga Gantarang Lalangbata yang melaporkan kalau ada sebuah kapal sepertinya mengalami kerusakan dipantai timur Selayar yang bisa dipantau dari Gantarang Lalangbata.

Menerima laporan ini, Basarnas Pos Selayar selanjutnya melakukan koordinasi dan memutuskan untuk melakukan operasi SAR penyelamatan terhadap penumpang kapal tersebut. Kami bergerakl sejak malam Jumat, namun karena medan dan lokasi belum dipastikan mengingat kapal ini berpindah pindah sebelumnya karena gelombang, maka kami putuskan operasi SAR dilanjutkan pada Jumat pagi jelas febri.

Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan kami dibantu oleh warga setempat., pungkas Febri.

Sementara itu, evakuasi terhadap ketiga belas awak kapal ini dilanjutkan ke rumah sakit dan kepada mereka di periksa rapid test.

Tim SAR hanya berhasil mengevakuasi 13 orang dari 16 awak kapal. Nakoda dan dua awak lainnya masih bertahan menunggu perintah dari pemilik kapal. Nakoda dan kedua awak ini tidak mau di evakuasi oleh Tim SAR Gabungan seperti rekan-rekan mereka.

Saat ini ke 13 belas awak kapal KM Asia Satu dalam penanganan Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar. (Tim). 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 13 Awak Kapal Perintis KM Asia Satu

Trending Now

Iklan