MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Gerhana Matahari Cincin Diprediksi Selama 1 Jam Lebih Di Sulsel
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gerhana Matahari Cincin Diprediksi Selama 1 Jam Lebih Di Sulsel

    Media Selayar
    Sabtu, 20 Juni 2020, 18:19 WIB Last Updated 2020-06-20T10:23:10Z
    Gerhana Matahari Cincin Diprediksi Selama 1 Jam Lebih Di Sulsel
    Gbr Illustrasi Gerhana Matahari Cincin Yang lalu

    MEDIA SELAYAR. BMKG Wilayah IV Makassar memprediksi fenomena alam gerhana matahari cincin pada Minggu 21 Juni 2020 akan berlangsung selama 1 jam 30 menit di wilayah Sulawesi selatan. Dan kejadian ini dapat diamati diseluruh wilayah di Sulawesi selatan. 

    Staf Tsunami Early Warning System (TEWS) BMKG Wilayah IV Makassar, Syarifuddin, mengatakan semua wilayah di Sulsel, bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin. Hanya, tingkat dan ukurannya berbeda.

    "Magnitudo Gerhana Matahari Cincin di Sulsel antara 0,155-0.255. Gerhana akan terlihat sebesar 0,155 di Kabupaten Selayar hingga 0,255 di Masamba, Kabupaten Luwu Utara," kata dia, Sabtu, 20 Juni 2020.
    Ia menjelaskan Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi berapa pada satu garis. Pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari.

    "Di Sulsel bisa semua mengamati. Tapi durasinya berbeda. Yang terlama sekitar 1,5 jam," jelasnya.
    Menurut Syarifuddin Gerhana Matahari Cincin akan terjadi pada pukul 15.30 WITA. Puncak gerhana terjadi pada pukul 16.30 WITA, dan akan berakhir pada pukul 17.19 WITA.

    Ia menambahkan Gerhana Matahari Cincin tidak menimbulkan efek pada alam seperti air pasang, berbeda dengan gerhana bulan. Menurutnya, gerhana kali ini merupakan fenomena alam biasa dan tergolong kecil karena hanya sekitar magnitudo 0,255.

    "Meski kecil, masyarakat yang ingin mengamati secara langsung gerhana agar menggunakan kacamata khusus atau teropong dengan filter matahari," imbuh dia. (***)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru