Iklan

3 Warga Selayar Terpapar Corona, Ini Penjelasan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Selayar

Media Selayar
Minggu, 21 Juni 2020 | 11:01 WIB Last Updated 2020-06-21T03:01:18Z
3 Warga Selayar Terpapar Corona, Ini Penjelasan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Selayar

MEDIA SELAYAR.
Berdasarkan laporan perkembangan penanganan Covid-19, tiga warga Kabupaten Kepulauan Selayar hari ini, Minggu (21/6/2020) terkonfirmasi positif Corona atau covid-19.

“Pada hari ini ada tambahan tiga kasus positif yang penyampaiannya kami terima tadi pagi berdasarkan hasil pemeriksaan tes PCR yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler BTKL Pengendalian Penyakit Kelas satu Makassar,” ungkap Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M. Si., di media Center GTPP Covid-19 Kepulauan Selayar Selayar didampingi juru bicara GTPP Covid-19 Dr. Husaini, M. Kes.

H. Marjani Sultan mengatakan pasien positif yang pertama mempunyai riwayat perjalanan dari Makassar pada hari Minggu Tanggal 14 Juni dengan inisial PR (23) jenis kelamin perempuan dengan alamat Gantarang Lala Bata Desa Bontomarannu. Pasien kedua juga mempunyai riwayat perjalanan dari Makassar pada hari Selasa Tanggal 16 Juni dengan inisial RW (18) jenis kelamin perempuan dengan alamat Desa Onto.

Sementara pasien ketiga dengan inisial RS (21) jenis kelamin perempuan dengan alamat Barro, Desa Tanete.

Pasien tersebut saat ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, yang sementara dipersiapkan penjemputan untuk dikirim ke Makassar sebagai pasien duta covid-19 Provinsi Sulawesi Selatan.

Penelusuran pemeriksaan kontak erat/kontak tracing sudah dilakukan sejak kedatangannya dan akan dilanjutkan lebih agresif mulai hari ini, dan akan diisolasi mandiri selama 14 hari difasilitasi pemerintah daerah.

“Dengan mendasari hal tersebut kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan dengan betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Jangan diartikan bahwa menuju new normal kembali ke normal. Tetapi menuju new normal adalah adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid 19,” jelas Marjani Sultan yang nota benenya Sekda Kepulauan Selayar.

H. Marjani berharap masyarakat tetap produktif, tetap bekerja tetapi harus menerapkan protokol kesehatan dengan lebih ketat dan protokol kesehatan penerapannya menjadi kebiasaan dalam kehidupan kita sehari-hari, yaitu dengan sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir minimal 20 detik sesering mungkin, memakai masker dengan benar, yaitu masker betul-betul menutup hidung dengan mulut dengan sempurna di tempat kerja atau apabila keluar rumah.

Selain itu Wakil Ketua GTPP Covid-19 meminta agar tetap jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, menghindari kerumunan dan meningkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi seimbang, beraktifitas fisik atau berolahraga secara teratur minimal 30 menit setiap hari.

“Semoga dengan kerja sama kita semua ke 3 pasien positif ini dapat kita tangani dengan baik dan bisa kembali normal, sehat dan tidak sampai menular ke orang lain. (KT2)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 3 Warga Selayar Terpapar Corona, Ini Penjelasan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Selayar

Trending Now

Iklan