Bupati Kep. Selayar Serahkan Ratusan Sertifikat PTSL Untuk Masyarakat Pasimasunggu Timur

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Bupati Kep. Selayar Serahkan Ratusan Sertifikat PTSL Untuk Masyarakat Pasimasunggu Timur

Media Selayar
Senin, 07 Oktober 2019
Bupati Kep. Selayar Serahkan Ratusan Sertifikat PTSL, Untuk Masyarakat Pasimasunggu Timur
MEDIA SELAYAR. Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali menyerahkan secara simbolis 452 sertifikat tanah program pemerintah melalui Sistim Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada warga Pasimasunggu Timur pada Senin (7/10). Penyerahan tersebut berlangsung di aula kantor Camat Pasimasunggu Timur.
Bupati Kep. Selayar Serahkan Ratusan Sertifikat PTSL, Untuk Masyarakat Pasimasunggu Timur
Dalam penyerahan kepada warga, Bupati H. M Basli Ali didampingi Kepala Badan Pertanahan Nasional, Kabupaten Kepulauan Selayar Muh. Naim.

Disaksikan oleh wakil rakyat DPRD Selayar dari dapil kepulauan, Camat dan sejumlah Kepala Desa yang warganya ikut menjadi penerima.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Selayar, Muh. Naim menyampaikan bahwa sertifikat yang diserahkan adalah program PTSL. Dimana yang diserahkan ini jumlahnya sebanyak 452 sertifikat.

Selanjutnya BPN masih akan menyalurkan sertifikat kepada 500 penerima dengan catatan masih menunggu data dari masing- masing pemerintah desa di wilayah Kecamatan Pasimasunggu Timur.

Dan menegaskan bahwa semua berkas yang telah masuk telah rampung 100%. Namun masih menunggu kesempatan berikutnya hingga bulan Oktober mendatang.

BPN Selayar juga sebelumnya telah melakukan penyuluhan kepada masyarakat, pengukuran bidang-bidang tanah dan pengumpulan bukti-bukti kepemilikan, pemberkasan, yang pada akhirnya nantinya akan dibagikan sertiflkat kepada para penerima manfaat PTSL, jelas Muh. Naim.

Sementara itu Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali dalam sambutannya mengapresiasi  jajaran Kantor Badan Pertanahan Selayar atas penyelesaian sertifikat PTSL masyarakat Pasimasunggu Timur.

Bupati menjelaskan manfaat sertifikat bagi warga tentu saja sangat banyak. Selain sebagai bukti kepemilikan lahan, sertifikat juga dapat dijadikan sebagai jaminan modal usaha.

Sehingga lanjut MBA, masyarakat yang telah menerima dapat menjaga dan merawat sertifikat tersebut. Semacam pesan disampaikan kepada masyarakat penerima sertifikat.

Sebelum menutup sambutannya, MBA juga menyampaikan pesan pembangunan yang berkelanjutan dapat terlaksana bila mendapat dukungan dan peran serta masyarakat.

Pantauan Pewarta dalam kegiatan penyerahan sertifikat PTSL ini, dihadiri ratusan warga Pasimasunggu Timur yang terpantau begitu antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di daerah ini, dimana MBA dikenal sebagai satu satunya Bupati yang paling peduli dengan masyarakat diwilayah kepulauan.

Hal mana dibuktikan dengan seringnya MBA mengunjungi dan melihat langsung kondisi masyarakat kepulauan hingga belasan kali selama MBA menjadi Bupati Kepulauan Selayar.

Pantauan Pewarta lainnya, masyarakat terlihat gembira atas penyerahan bantuan dan penyerahan sertifikat PTSL tersebut. Sejumlah komentar warga terdengar menyebut nama Bupati sebagai seorang pemimpin yang layak dipertahankan karena telah menepati janjinya membangun dan memperhatikan kebutuhan masyarakat kepulauan. (Lo2).