Khidmat, Detik-Detik Proklamasi Dan Pengibaran Bendera HUT RI Ke 74 Di Kabupaten Kepulauan Selayar

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Khidmat, Detik-Detik Proklamasi Dan Pengibaran Bendera HUT RI Ke 74 Di Kabupaten Kepulauan Selayar

Media Selayar
Sabtu, 17 Agustus 2019


MEDIA SELAYAR. Upacara peringatan HUT Ke 74 dan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2019 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar, dilaksanakan di Lapangan Pemuda Benteng. Bertindak sebagai Inpektur Upacara, Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali.

Diawali dengan laporan Komandan Upacara Pelda. Solihin, (Angg. Kodim 1415), kepada Inspektur upacara terkait kesiapan pelaksanaan detik-detik Proklamasi.

Suasana khidmat cukup terasa saat detik-detik proklmasi berlangsung diiringi bunyi suara tembakan sebanyak 17 kali dan suara sirene membuat suasana pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kab. Kepulauan Selayar, Mappatunru S,Pd terasa semakin khidmat.


Selanjutnya Inspektur upacara, Bupati Kepulauan Selayar, H. M Basli Ali pimpin pelaksanaan hening cipta untuk mengenang arwah pahlawan yang telah mendahului. Hening cipta diiringi instrumen lagu dari pasukan drum band.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengibaran bendera oleh Pasukan pengibar bendera (Paskibra). Bendera yang dikibarkan diserahkan oleh Bupati Kepulauan Selayar kepada Paskibra dari mimbar upacara kepada Paskibra kelompok 8. 

Pada sesi ini suasana hening dan berdebar, menanti berkibarnya Sang Merah Putih di langit Selayar.

Yang terdengar tentunya hanya iringan lagu Kebangsaan Indonesia Raya mengiringi dikereknya bendera Merah Putih hingga ke puncak tiang bendera di Lapangan Pemuda Benteng, oleh Paskibra.

Dalam upacara Kemerdekaan ke 74 - 17 Agustus 2019 ini, Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali didampingi oleh Ny. Hj. Andi Dwiyanti Musrifah Basli. Begitupun Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin SH. MH didampingi oleh Ny. Hj. Eni Zainuddin. Sekretaris Daerah , Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si didampingi Ny. Hj. Asniar Marjani.

Selain itu hadir Ketua dan Anggota DPRD, Forkopinda, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab, Pimpinan BUMN dan BUMD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta Pimpinan Organisasi.

Sementara itu, peserta upacara terdiri dari barisan TNI - Polri, Barisan Korpri, Barisan Satpol PP, Barisan Petugas Rutan, Barisan Pemuda dan Pelajar mulai sekolah dasar hingga sekolah lanjutan atas, serta barisan pramuka dan PMI serta barisan organisasi wanita.

Pelaksanaan upacara mendapat perhatian masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. Mereka menyaksikan dan ikut merasakan suasana HUT RI ke 74 dari luar lapangan Pemuda Benteng. Namun keberadaan masyarakat yang menyaksikan upacara ini terpantau aman dan tertib hingga berkibarnya bendera Merah Putih di langit Kabupaten Kepulauan Selayar. 



Salam Kemerdekaan ke 74, Merdeka !!!!



Laporan Khusus : A. Lolo.