Disdukcapil Selayar Mulai Terapkan Layanan Kependudukan Sistem Online

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Advertisement


Disdukcapil Selayar Mulai Terapkan Layanan Kependudukan Sistem Online

Media Selayar
Kamis, 08 Agustus 2019

Disdukcapil Selayar, Mulai Terapkan Layanan Kependudukan Sistem Online

MEDIA SELAYAR. Dalam rangka memberikan layanan yang lebih cepat, mudah dan aman, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Selayar, saat ini telah berinovasi berbasis teknologi digital.

Salah satunya, menggunakan tanda tangan elektronik untuk menerbitkan dokumen akta kelahiran, kartu keluarga dan Ktp.

Ya, kita sudah manfaatkan tehnologi online sejak bulan Mei lalu, dan menyusul akta kematian, surat keterangan pindah juga akan kita layani dengan sistim online jelas Drs. Andi Patonrangi Pasbal, Kadis Dukcapil.

"Salah satunya, inovasi tandatangan dengan menggunakan barcode," dan sekarang sementara diupayakan bisa ditanda tangani dimanapun pimpinan berada. Sejauh signal internet mendukung dan catu daya listrik normal, jelas Tonra lagi.

Misalnya tandatangan elektronik masih ada sedikit perbaikan agar bisa gunakan android. Apabila saya sedang rapat atau pun keluar daerah, saya bisa memberikan tandatangan elektronik ini kepada petugas melalui android," ujarnya.

A. Patonrangi lanjut menjelaskan bahwa pelayanan administrasi kependudukan secara daring sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 7 Tahun 2019, merupakan landasan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien melalui pengembangan sistem administrasi kependudukan dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

Andi Patonrangi Pasbal juga menyampaikan himbauan agar masyarakat Selayar agar memperhatikan kelengkapan administrasi kependudukannya. (Lo2)