MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Pentingnya Kolaborasi Dalam Pencegahan Stunting di Selayar
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pentingnya Kolaborasi Dalam Pencegahan Stunting di Selayar

    Media Selayar
    Rabu, 17 Juli 2019, 18:33 WIB Last Updated 2019-07-17T10:33:57Z
    Pentingnya Kolaborasi, Dalam Pencegahan Stunting di Selayar

    MEDIA SELAYAR. Dalam rangka kegiatan gerakan bersama percepatan penanganan stunting di Kepulauan Selayar, memang perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak.

    Dinas Kesehatan melalui petugas yg berada di wilayah kerja masing masing di tiap kecamatan setiap bulannya telah melakukan monitoring, kunjungan, sosialisasi, pengukuran berat dan tinggi badan anak serta memberikan edukasi terhadap masyarakat desa tentang pentingnya pola hidup sehat.

    Sementara itu, pendamping desa diharapkan untuk mampu bersinergi dengan para petugas kesehatan mengingat desa memiliki kewenang an untuk mengurus dan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang ditugaskan oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Dimana salah satu tugas yang di maksud adalah desa diharapkan melaksanakan program pencegahan dan penanganan stunting.

    Melalui kolaborasi para Petugas Kesehatan, Kader Posyandu, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Pendamping Desa dalam mengidentifikasi adanya potensi stunting di desa, maka pendamping desa wajib menyampaikan hasil identifikasi ini kepada Pemerintah Desa.

    Sehingga dalam kegiatan Musdes Rencana Kerja Pemerintah Desa (Musdes RKPDes), pencegahan dan penanganan stunting bisa menjadi pembahasan dan perhatian serius bagi Pemerintah Desa yang diwujudkan melalui program dan kegiatan-kegiatan yang relevan dan berskala desa dengan pembiayaan dibebankan dalam APBDes. (Afd)


    (Ket. Gambar : Pengukuran tinggi dan berat badan bayi di Posyandu Batara VI dan Batara XIII DESA BONTONA SALUK)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru