Arus Mudik Ke Selayar Mulai Ramai, Ini Himbauan Kadis Kesehatan

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Arus Mudik Ke Selayar Mulai Ramai, Ini Himbauan Kadis Kesehatan

Media Selayar
Jumat, 31 Mei 2019
Arus Mudik Ke Selayar, Mulai Ramai, Ini Himbauan Kadis Kesehatan

MEDIA SELAYAR. Jelang lebaran Idul Fitri 1440 H, Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar juga mengerahkan sejumlah personil medis disejumlah titik posko yang ramai dilalui pemudik ke Selayar. Selain personil, armada ambulance dan kesiapan sarana kesehatan juga disiagakan oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dr. H. Husaini M. Kes menghimbau kepada pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan bermotor dan mobil untuk tetap mengedepankan keselamatan selama perjalanan.

Selain itu, dr. H. Husaini juga berpesan agar dalam melaksanakan mudik juga menjaga kesehatan. Misalnya dengan menggunakan masker kesehatan saat berkendara dengan roda dua, atau berada di tempat terbuka, sehingga debu atau kotoran yang bisa mengganggu kesehatan dapat teratasi.

" Batuk pilek biasanya terjadi karena kecapekan dan banyak debu karena banyaknya kendaraan dan pemudik sehingga disarankan memakai masker apabila mengendarai kendaraan roda dua " pesan dr. H. Husaini.

Selanjutnya Kadis Kesehatan juga mengimbau masyarakat waspadai beberapa penyakit saat lebaran tiba, biasanya beraneka menu makanan yang dapat memicu penyakit mulai dari gangguan pencernaan hingga penyakit berat seperti kolesterol.

Sedapat mungkin porsi makanan jangan terlalu berlebih dari biasanya, perbanyak minum air putih, banyak makan buah, tambah makanan sayur mayur kalau tidak didapatkan pada hari lebaran diupayakan pada hari ke 2 atau ke 3 setelah lebaran.

Selain itu diare kasusnya juga meningkat, karena banyaknya makanan yang tersedia sehingga tidak disadari ada yang terkontaminasi dengan bakteri atau virus. Olehnya itu Ia mengimbau masyarakat agar menjaga pola makan saat lebaran tiba.

“Jangan kalap lihat makanan, batasi makan kue kering karena banyak mengandung gula, intinya jangan makan berlebihan saat lebaran,” ucap H. Husaini. 

Dalam masa libur lebaran ini, tenaga medis dan pelayan kesehatan terus disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.



BACA BERITA ARUS MUDIK 2019 :
H -5, Pemudik Yang Tiba Melalui Pelabuhan Feri Pamatata Selayar Mulai Padat