Iklan

Gabungan TNI-Polri Bubarkan Aksi Massa Anarkis Depan KPUD Kep. Selayar, Begini Skenarionya

Media Selayar
Jumat, 08 Februari 2019 | 09:37 WIB Last Updated 2022-04-12T08:27:20Z
Gabungan TNI-Polri Berhasil Pukul Mundur Aksi Massa Anarkis, Depan KPUD Kep. Selayar, Begini Skenarionya

MEDIA SELAYAR. Pasukan TNI Kodim 1415 dan Polres Kepulauan Selayar berhasil pukul mundur ratusan massa demonstran yang memaksa masuk ke kantor KPU Kepulauan Selayar. Massa menuntut ketua KPU mundur dengan alasan tidak transparant dan memihak pada pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Massa yang menamakan dirinya Forum Pembela Demokrasi bergerak ke kantor KPU setelah sebelumnya melakukan orasi di depan kantor Bupati dan Kantor DPRD Kepulauan Selayar. Kedatangan Massa tersebut sudah diantisipasi sebelumnya oleh personil Kepolisian yang menurunkan pasukan anti huru hara dan water canon dari Pemadam Kebakaran.

Setelah massa berorasi di depan kantor KPU, tiga orang yang diduga provokator memaksa untuk masuk ke kantor KPU menemui Ketua KPU. Hal ini kemudian mendapat upaya mediasi oleh Komandan Lapangan Polres. Mendengar permintaan massa ditolak, massa kemudian semakin bringas dan terus mendesak mau masuk menemui Ketua KPU.

Dalam keadaan terdesak, terjadi bentrok antara massa yang mendesak masuk ke kantor kpu dengan aparat Kepolisian.

Mendapat perlawanan sengit dari ratusan massa, pihak kepolisian kemudian meminta bantuan TNI Kodim 1415 untuk menenangkan massa. Bukan tenang, malah massa semakin brutal mendesak dan mendorong petugas untuk memaksa masuk ke KPU. Terjadi kericuhan dan aksi lempar ke aparat oleh massa.

Petugas memperingatkan untuk tenang namun tetap massa beringas dan mendesak. Akhirnya petugas gabungan TNI-Polri melakukan upaya paksa membubarkan massa, dan mengamankan sejumlah orang yang diduga sebagai provokator keributan tersebut.

Gabungan TNI-Polri Berhasil Pukul Mundur Aksi Massa Anarkis Depan, KPUD Kep. Selayar, Begini Skenarionya

Hal diatas adalah skenario pengamanan Pemilu yang digelar hari ini, Jumat 2019 di kantor KPU Kabupaten kepulauan Selayar, yang dipimpin langsung oleh Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Letkol. ARM. Yuwono dan Kaplres Kepulauan Selayar. AKBP. Tovik Ibnu Subarkah S.IK.

Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Letkol. ARM. Yuwono dan Kapolres, AKBP. Tovik Ibnu Subarkah pada intinya menyampaikan kepada Pewarta usai pelaksanaan simulasi, bahwa kegiatan simulasi penanganan aksi untuk PAM Pemilu 2019 ini, digelar untuk memastikan kesiapan personil TNI-Polri di Kabupaten kepulauan Selayar menagmankan pelaksanaan Pemilu 2019.

Dalam simulasi penanganan aksi ini melibatkan ratusan personil TNI 1415, Polres Kep. Selayar, Satpol PP dan Damkar serta personil KPU sendiri. 


(Lo2)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gabungan TNI-Polri Bubarkan Aksi Massa Anarkis Depan KPUD Kep. Selayar, Begini Skenarionya

Trending Now

Iklan