Breaking News : Takabonerate Diterjang Gelombang Pasang, Ratusan Perahu Di Jinato Hancur

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Advertisement


Breaking News : Takabonerate Diterjang Gelombang Pasang, Ratusan Perahu Di Jinato Hancur

Media Selayar
Kamis, 27 Desember 2018

Breaking News : Takabonerate, Disapu Gelombang Pasang, Ratusan Perahu Nelayan Hancur

MEDIA SELAYAR. Kejadian sekitar pukul 01.00 WIB semalam, Kamis 27 Desember 2018. Angin barat yang bertiup tidak kencang, dan cuaca tidak begitu ekstrim tiba-tiba di hantam gelombang dari arah timur yang menyebabkan air laut naik hingga 100an meter ke arah pantai pulau Jinato. Untungnya air tersebut tidak sampai ke pemukiman ujar Suarni kepada Pewarta saat dihubungi.

Kondisi yang sama juga terjadi di pulau lain di dalam Kawasan Takabonerate. Ratusan kapal nelayan hancur dan paling parah di pulau Jinato, Di saat perahu nelayan di parkir disebelah timur pulau tersebut untuk menghindari musim barat, tiba-tiba gelombang ini menyerang dari timur.

Kondisinya sama dengan tsunami kecil, gelombang dengan tinggi kurang dari 1 meter tiba tiba muncul, jelas Suarni.

Sementara itu informasi dari pulau pulau Rajuni juga terjadi hal yang sama. Kendati demikian Pewarta di Rajuni belum menyampaikan adanya jumlah perahu rusak, karena kesigapan warga di pesisir pantai tersebut.

Sementara itu dari pualu Tarupa disampaikan oleh Pewarta bahwa ada sebuah rumah yang mengalami kerusakan akibat gelombang ini. Sementara itu belum ada informasi tambahan namun dapat dipastikan air laut pasang juga terjadi di pulau ini. 

Belum ada konfirmasi resmi ke pihak pemerintah terkait jumlah kerugian dan korban atas kejadian ini. Namun dari informasi Pewarta di Jinato tidak ada korban jiwa, namun ratusan perahu nelayan terseret gelombang ke pantai, sementara jumlah perahu rusak berjumlah sekitar 50 buah.