MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Lombok Diguncang Gempa 7 SR, Ini Area Dampak Guncangan
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Lombok Diguncang Gempa 7 SR, Ini Area Dampak Guncangan

    Media Selayar
    Minggu, 05 Agustus 2018, 23:37 WIB Last Updated 2018-08-05T15:37:16Z
    Lombok, Diguncang Gempa 7 SR, Ini Area Dampak Guncangan

    MEDIA SELAYAR. Gempa tektonik berkekuatan 7 Skala Richter (SR) melanda Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. Dampak gempa dapat dirasakan tidak hanya di NTB, tetapi juga di Bali. Hingga berita ini dimuat, berdasarkan rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban jiwa akibat gempa masih dalam pendataan.

    Titik gempa ada di darat dengan jarak 18 km barat laut Lombok Timur NTB atau 22 km timur laut Lombok Utara NTB. Gempa terjadi dengan kedalaman 15 km dari permukaan laut.

    Sementara itu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya sudah merilis pernyataan bahwa gempa ini berpotensi tsunami. Pada Minggu (5/8/2018) malam, peringatan dini tsunami sendiri sudah dinyatakan selesai.

    Menurut BNPB, tsunami memang terjadi di pantai tetapi kecil hanya setinggi 9-13 cm. Tsunami tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Sementara itu, gempa susulan masih terus berlangsung dengan intensitas yang lebih kecil daripada gempa awal. BNPB mencatat sudah 21 kali gempa susulan terjadi.

    Dari rilis BNPB, beberapa daerah terkena dampak gempa, termasuk wilayah Badung dan Denpasar. Terkait korban jiwa, hingga kini masih dilakukan pendataan. Sementara itu, kerugian materiel di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB adalah 1 unit rumah rusak berat. Di Kabupaten Badung, Bali terdapat 1 unit rumah rusak sedang.

    Sementara itu di Denpasar, gedung Matahari Department Store mengalami kerusakan, dan terdapat setidaknya 3 lokasi yang terdapat rumah rusak. (***)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru