Iklan

DR.Ir.Marjani Sultan Msi : Sektor Perikanan Kelautan Selayar Terus Berkembang

Media Selayar
Kamis, 28 Februari 2013 | 03:37 WIB Last Updated 2021-08-25T02:41:18Z
DR.Ir.Marjani Sultan Msi,  Sektor Perikanan Kelautan ,Selayar ,Terus ,Berkembang

MEDIA SELAYAR. Tahun 2013 Tetap Jadi Sektor Unggulan Pemerintah Kab.Kep.Selayar. Kondisi letak geografis Kabupaten Kepulauan Selayar yang 48 persen wilayahnya terdiri dari bentangan laut dan pesisir membuat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, melalui Dinas Kelautan & Perikanan tetap berharap dan bertekad menjadikan potensi kelautan & Perikanan sebagai leading sector unggulan utama pada rangkaian program pembangunan daerah untuk tahun 2013 dan salah satu upaya pemerintah adalah menggenjot peningkatan taraf kesejahteraan rakyat khususnya masyarakat nelayan pesisir dan pulau-pulau kecil.


DR.Ir.Marjani Sultan MSi Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Kep.Selayar telah mencanangkan sejumlah program skala prioritas dengan menyadari posisinya sebagai instansi teknis yang tugas pokok dan fungsinya adalah membantu Bupati dalam rangkaian pembinaan sector kelautan & perikanan.


Program itu sendiri, terdiri dari peningkatan system motorisasi melalui pengalokasian sejumlah kegiatan dan program peningkatan serta program pemberdayaan masyarakat nelayan melalui pemberian bantuan dan peralatan.


Menurutnya, pemerintah kabupaten telah mendistribusikan bantuan mesin katinting dan sampan serta jaring kepada masyarakat nelayan pesisir yang selama ini daya jangkaunya relatif terbatas hanya sampai ke pinggir pantai akibat minimnya fasilitas perahu atau kapal penangkap nelayan tradisional setempat.


Melalui program pendistribusian mesin katinting ini, pihak Dis KP Kepulauan Selayar berharap, “kiranya, nelayan tradisional Kabupaten Kepulauan Selayar, dapat meninggalkan budaya penangkapan Sumber Daya Ikan yang selama ini hanya mengandalkan dayun dan layar”.


Lebih jauh, nelayan tradisional Bumi Tanadoang Selayar diharapkan mampu menjangkau perairan laut dalam, tempat bersarangnya ikan-ikan besar.


Terkait dukungan penuh Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar juga telah mencanangkan program budidaya ikan karang di bawah koordinasi bidang budidaya perikanan budidaya seiring dengan lahirnya blue print percepatan pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar dalam rangka perwujudan Selayar sebagai Pusat Budidaya Ikan Karang.


Dan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan tersebut, terhitung sejak TA. 2009-2010 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar telah mengalokasikan anggaran dana pembangunan keramba jarring apung dan keramba tancap yang dapat dilihat langsung di sepanjang pantai Padang, Kecamatan Bontoharu dan telah melakukan serangkaian kegiatan pembinaan terhadap kelompok nelayan tradisional yang sehari-harinya menggeluti kegiatan industri pengolahan sumber daya ikan. Sebut saja diantaranya, industri pengolahan terasi, ikan asin, dan abon-abon, ujar Marjani mencontohkan.


Marjani menandaskan, bahwa sebagai Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Dinas yang dinauinginya itu, telah berhasil membentuk dan melahirkan sedikitnya 42 daerah perlindungan laut pada 42 wilayah desa pesisir, untuk menunjang berjalan efektifnya sisi pengawasan perairan laut Kabupaten Kepulauan Selayar melalui dukungan Peraturan Desa.


Bahkan belum lama ini, kelompok masyarakat pengawas perairan laut, asal Desa Bontolempangang dan Desa Bonerate yang direkomendasikan mewakili Kabupaten Kepulauan Selayar dalam event kejuaraan bertaraf nasional di Jakarta berhasil keluar sebagai juara umum lomba antar kelompok pengawas perairan laut di tanah air. (R.01)

BACA JUGA : Sekda Terima Resmi 9 Orang Dokter Yang Akan Bertugas Di Selayar

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DR.Ir.Marjani Sultan Msi : Sektor Perikanan Kelautan Selayar Terus Berkembang

Trending Now

Iklan