Selasa, 09 Juli 2019

Selasa, Juli 09, 2019
Puskesmas Pasitallu Selayar , Masih Butuh Tenaga Medis

MEDIA SELAYAR. Puskesmas Pasitallu adalah salah satu puskesmas yang terletak dikecamatan pulau Kab. Kepulauan Selayar. Tepatnya di pulau Kayuadi. Keberadaannya diwilayah kepulauan menjadi salah satu andalan warga di wilayah kepulauan untuk mendapat layanan kesehatan.

Dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat, diparbantukan 9 unit Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tersebar di 6 pulau dengan memiliki 88 orang petugas, terdiri tenaga medis dan tata usaha.

Kapus Pasitallu, Andi Sahlan, S. Kep kepada Pewarta menjelaskan "bahwa kedepan puskesmas akan melaksanakan kegiatan diantaranya : 1. sosialisasi Stunting, dimana kegiatan ini adalah program nasional, 2. pengawasan obat dan makanan,  3. sosialisasi kesehatan mata pada anak, 4. wisuda imunisasi adalah salah satu bentuk inovasi puskesmas kepada anak-anak balita yang telah mengikuti kegiatan imunisasi". jelas, Andi Sahlan, S. Kep.

Puskesmas ini juga dinilai masih kekurangan tenaga medis tetap atau PNS. hanya berjumlah 29 PNS, sisanya tenaga kontrak dan honorer. sehingga untuk menjalan beberapa kegiatan dan program, pihaknya harus meminta bantuan berupa proposal pengusulan kepada Pemerintah Desa.

Dikarenakan anggaran puskesmas tidak mencukupi untuk melaksanakan kegiatan dan juga untuk gaji honorer.

"Kami telah berinisiatif memasukkan proposal kepada Pemerintah Desa pada tahun ini, semoga saja bisa direalisasikan. seperti penyuluhan pencegahan stunting dan pembangunan WC Umum karena masih banyak masyarakat yang BAB sembarang tempat". terang Andi Sahlan, S. Kep

Inisiatif ini muncul saat rapat di provinsi, disampaikan saat itu bahwa ada dalam anggaran Dana Desa dana untuk bidang kesehatan sebesar 10% dari anggaran. sehingga kami berinisiatif membuat dan memasukkan propasal, karena Dinkes Kabupaten telah menyurat ke Dinas PMD kabupaten. ungkap Andi Sahlan, S. Kep

Puskemas Pasitallu tahun ini juga telah mendapatkan status akreditasi Madya dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama,  Kementerian Kesehatan RI.  (Ircak)
MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.