Iklan

Integrasi Kampung KB Berbasis Pariwisata, Adalah Inovasi Membangun Indonesia Dari Pinggiran

Media Selayar
Kamis, 12 Oktober 2017 | 20:00 WIB Last Updated 2020-05-07T08:51:45Z
selayar


MEDIA SELAYAR. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Abdurrahman SE. M.Si, persentasekan rencana kegiatan perubahan " Integrasi Kampung KB Berbasis Pariwisata ".

Persentase ini dilaksanakan dihadapan Tim Penguji dan Mentor dalam Pendidikan Dan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tk. II Angkatan III Provinsi Bali. Hari ini Kamis 12 Oktober 2017 di Bali.

Persentase program unggulan, Andi Abdurrahman SE. M.Si, Kadis DP3AP2KB Pemkab Selayar ini adalah merupakan persyaratan peserta dalam Diklatpim. Dan program unggulan" Integrasi Kampung KB Berbasis Pariwisata".akan segera dilaksanakan setelah kembalinya nanti ke Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Ditemui usai persentase dihadapan penguji, Andi Abdurrahman SE. M.Si kepada Koresponden Media Selayar di Bali menjelaskan, bahwa program ini adalah proyek perubahan dan segera akan dilaksanakan koordinasi dengan OPD-OPD terkait. Dimana posisi OPD ini adalah merupakan stakeholder dalam pelaksanaan program ini. 

“Pengembangan Kampung KB merupakan program untuk membangun Indonesia yang harus dimulai dari pinggiran yaitu dari desa. Interaksi pengembangan Kampung KB ini merupakan bentuk perwujudan dari Nawacita ke-5 Presiden Joko Widodo dan termasuk dalam agenda Nasional" tegas, Andi Abdurrahman SE. M.Si, Kadis DP3AP2KB Pemkab Selayar

Kita akan mengajak seluruh stakeholder untuk bisa berkerjasama dalam mensukseskan program ini. Misalnya dengan Dinas Kesehatan, terkait tambahan tenaga ahli bidang KB dan sanitasi kebersihannya. Bila ini berjalan maka akan sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dibidang Pariwisata, mengingat salah satu penunjang Pariwisata yang paling utama adalah kebersihan dan kesehatan lingkungan. 

Integrasi Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah. Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Integrasi Kampung KB dan Program KB secara khusus akan kita sukseskan dengan meminta kesediaan seluruh stakeholder agar memberi dukungan dan mau bersama-sama bekerja. Mengingat OPD lingkup Pemkab adalah stakeholder dalam sukses program KB kedepannya.

Program kampung KB yang telah dicanangkan sebelumnya di Selayar tentulah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat bila hal ini berjalan. Sesampai di Selayar saya akan segera bergerak untuk melakukan koordinasi terkait Integrasi Kampung KB. 

Dan yang penting adalah, program ini mendapat dukungan penuh dari para Wakil Rakyat kita di DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar. Saya akan segera perhadapkan ke DPRD, terkait penambahan anggaran. dan akan dibuatkan peraturan Bupati sebagai Payung hukumnya, tegas Andi Abdurahman SE. M.Si yang akrab disapa Deng Ma'mang oleh para awak media. 

sekda

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Frop. Ir. Wayan Widya, Tim Penguji dan Dr. Ir.H. Marjani Sultan M.Si yang telah menjadi mentornya dalam Diklatpim II ini. Tak lupa juga, Ia ucapkan terima kasih kepada pembimbingnya, Ir. Ani Pratiwi, sebagai pembmbingnya dalam Diklat maupun saat melakukan Persentase Integrasi Kampung KB Berbasis Pariwisata. (Fad/Lo2)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Integrasi Kampung KB Berbasis Pariwisata, Adalah Inovasi Membangun Indonesia Dari Pinggiran

Trending Now

Iklan