Selayar
Home » , , » Selayar Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Selayar Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Penulis Media Selayar on Jumat, 16 Juni 2017 19.33.00

Kepulauan Selayar, Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

MEDIA SELAYAR. Pertemuan dan koordinasi serta evaluasi atas perkembangan capaian persiapan Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK) terus dilakukan oleh Tim Percepatan KEK Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Dari jadwal yang ada, akhir tahun ini, dokumen kelengkapan pengajuan Selayar menjadi KEK Pariwisata bisa dirampungkan.

Kepulauan Selayar, Menuju Kawasan Ekonomi Khusus, Pariwisata

Tim Percepatan KEK yang difasilitasi oleh Bappeda Kabupaten Kepulauan Selayar kembali menggelar pertemuan dan koordinasi terkait progres yang dicapai hingga saat ini. Pertemuan berlangsung di Green Tea Cofee Shop Balsem, dihadiri oleh Kadis Pariwisata, Kadis Pekerjaan Umum, Kepala Bappeda, Kepala Pertanahan, Camat Bontosikuyu dan Bontoharu serta Badan Promosi Pariwisata Daerah.

Kepala Bappeda, Drs. H. Basok Lewa menjelaskan bahwa Ia optimis semua persiapan berjalan sesuai rencana. Dan saat ini Tim sementara mempersiapkan identifikasi lahan yang telah diinventarisir, didua kecamatan, yakni Kecamatan Bontoharu dan Kecamatan Bontosikuyu.

Kendati belum ada konsensus antar pemilik lahan dan Pemerintah. Namun semua pemilik lahan telah menyatakan kesiapannya, jelas Kepala Bappeda.

Sementara untuk limit waktu penyiapan kelengkapan dokumen yang akan dibawa ke pusat, H. Basok Lewa mengaku optimis akan bisa selesai sebelum akhir tahun. Termasuk Tim Percepatan juga sementara mempersiapkan hal lainnya. Diantaranya kemudahan perizinan dan insentif pajak serta persiapan badan usaha. Semuanya berjalan stimultan agar semuanya bisa selesai dengan cepat, jelas Kepala Bappeda.

Ditempat yang sama, Ir. H. Maruf Tato dari Badan Promosi Pariwisata Daerah juga menjelaskan bahwa progres persiapan percepatan KEK, telah melampaui rencana. Khususnya pada tata ruang yang telah melebihi dari rencana penyiapan. Dan harus mencapai 100% pada bulan Juli tahun ini.

Ada tiga hal yang sementara dikerjakan dan dipersiapkan saat ini. Yakni persiapan Kawasan Otorita, Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Ekonomi Umum. Kendati tidak ada target namun Tim dipastikan akan bekerja semaksimal mungkin untuk mencapai target yang direncanakan.

Selanjutnya Rakhmat Zaenal, dari Badan Promosi Pariwsiata Daerah menambahkan bahwa terkait progres persiapan dari Tim Percepatan KEK Pariwisata, sejauh ini sangat menggembirakan, karena intinya adalah penyiapan lahan dan kesiapan administratif.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) adalah daerah dengan batasan tertentu yang menyelenggarakan fungsi perekonomian dengan memperoleh fasilitas kemudahan tertentu. KEK ini dikembangkan dengan mempersiapkan sumber daya yang diunggulkan dalam aktivitas ekonomi masyarakatnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi, termasuk pariwisata.

Kabupaten Kepulauan Selayar sangat kaya akan sumber daya alam yang indah, sehingga Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sangat beralasan bila sumber daya alam ini dijadikan sebagai salah satu sektor yang bisa mendongkrak perekonomian warganya, melalui penetapan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. (lo2)

BACA JUGAGardu Jualan Terbakar, Apinya Nyaris Merembes ke Rumah Warga



0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar