Iklan

FGD Tentang Perdagangan Ikan Karang Hidup Di Selayar

Media Selayar
Sabtu, 13 Mei 2017 | 13:56 WIB Last Updated 2020-05-09T16:38:21Z
FGD Tentang Perdagangan Ikan Karang Hidup, Di Selayar


MEDIA SELAYAR. Forum Group Discussion (FGD). "Perdagangan karang Ikan Hidup untuk konsumsi hari ini Sabtu (13/5) digelar di pelataran Rayhan Resto Benteng Selayar. Hadir sebagai pembicara sekaligus membuka acara, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar,  Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si.

FGD ini terbuka dan dihadiri oleh sejumlah kalangan diantaranya, Dr. Nadiarti, M.Sc, Ir. Jusman, Kepala Balai Taman Nasional Tk. Bonerate. Kepala Bapeda, Kadis Kelautan Perikananan dan LSM. 

Dr. Ir. Marjani Sultan M.Si, mengatakan bahwa keberadaan Ikan Karang Hidup sudah butuh didiskusikan, mengingat Kabupaten Kepulauan Selayar merupakan penghasil ikan karang yang banyak diminati. Sehingga kita perlu menjaga kelestarian dan keberadaannya. 

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa tingginya permintaan konsumsi ikan karang menjadi salah satu penyebab berkurangnya populasi, karena permintaan pasar tidak sebanding dengan pengembang biakan. 

Oleh karena itu, perlu strategi perikanan berkelanjutan dan bertanggungjawab atas beberapa hal penting dalam hal ini, yakni menjaga kesediaan ikan karang, menjaga ekosistem terumbu karang sebagai tempat berkembang biak ikan karang, meningkatkan bisnis dan usaha perikanan yang dapat berkelanjutan serta perlu adanya edukasi kepada konsumen.

Kegiatan FGD ini merupakan lanjutan dari kegiatan LRFFFT tahun 2015 lalu, yang dilaksanakan dalam rangka penyusunan naskah akademik. Kegiatan ini digelar oleh Fakultas Ilmu Kelautan Dan Perikanan Universitas Hasanuddin Makassar yang dikoordinir oleh Prof. Dr. Jamaluddin Jompa M.Sc, Dekan Fakultas Kelautan & Perikanan UNHAS. (FD)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FGD Tentang Perdagangan Ikan Karang Hidup Di Selayar

Trending Now

Iklan