Selayar
Home » , , , , , , , , » Puluhan Kader BPP/KB Selayar Laksanakan Praktek Lapangan Pendataan Keluarga

Puluhan Kader BPP/KB Selayar Laksanakan Praktek Lapangan Pendataan Keluarga

Penulis Media Selayar on Sabtu, 15 Oktober 2016 16.52.00

Puluhan Kader BPP/KB Selayar, Laksanakan Praktek Lapangan Pendataan Keluarga

MEDIA SELAYAR. Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (BPP/KB) Kabupaten Kepulauan Selayar hari ini Sabtu (15/10) melepas 88 Orang Kader BPP/KB Tingkat Desa untuk melaksanakan praktek lapangan dalam rangkaian Pelatihan Sosialisasi dan Orientasi Pendataan Keluarga Tingkat Kab.Kep.Selayar.

Drs. H.Suardi, Kepala BPP/KB Kab.Kep.Selayar kepada Media Selayar menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan para Kader BPP/KB yang mengikuti praktek lapangan dalam pelatihan tersebut dapat lebih memahami fungsi dan tugas mereka di wilayah masing-masing. Mengingat program ini adalah program nasional yang berkesinambungan dan diharapkan dapat lebih memberi dukungan dalam program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Drs.H.Suardi lebih lanjut menjelaskan bahwa praktek lapangan dilaksanakan untuk melatih para Kader BPP/KB dalam memperoleh data keluarga yang dapat dipergunakan dalam penetapan sasaran, dan optimalisasi operasional program pembangunan Keluarga Berencana. Sedangkan tujuan khusus adalah tersedianya basis data kependudukan Keluarga Berencana di setiap tingkatan wilayah di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Dalam praktek lapangan ini para Kader BPP/KB, didampingi oleh  tenaga terlatih dari Kantor BPP/KB. Kader diajari melakukan pengamatan, wawancara dan observasi. Dan bilamana ada kendala lapangan yang tidak dimengerti, maka pendamping memberi bantuan penjelasan dan solusi terhadap permasalahan yang ditemukan oleh kader pendata, selanjutnya melakukan evaluasi cakupan, waktu dan kualitas hasil pendataan.

Pantauan Media Selayar, ke 88 orang Kader yang melaksanakan praktek lapangan tersebut, berpencar mendatangi rumah - rumah warga di dalam kota Benteng dengan didampingi staf dan karyawan BPP/KB. para kader melakukan wawancara dengan beberapa ibu rumah tangga sambil menanyakan beberapa hal yang mereka catat. Praktek lapangan ini merupakan penutup kegiatan pelatihan Orientasi Pendataan Keluarga, selanjutnya para Kader dilepas ke desa masing-masing. (lo2)

KEMBALI KE HALAMAN PERTAMA

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar