Selayar
Home » , » Pemahaman Akan Pentingnya Komunikasi Dalam Kepentingan Pelayanan Informasi Masih Minim Di Selayar

Pemahaman Akan Pentingnya Komunikasi Dalam Kepentingan Pelayanan Informasi Masih Minim Di Selayar

Penulis Media Selayar on Sabtu, 20 Agustus 2011 16.17.00

Pengelola Jasa Transportasi Yang Melayani Warga Selayar, Sepelekan Layanan Informasi

Tidak pernah dan tidak ada kejadian atau peristiwa misalnya kecelakaan lalu lintas jalan raya, atau pesawat jatuh, atau kapal tengelam, atau kereta tergelincir keluar rel yang tidak membutuhkan sarana komunikasi cepat bagi tim penolong. Termasuk komunikasi cepat sangat dibutuhkan oleh pihak keamanan dalam penanganan kecelakaan. Pasalnya pelaporan kepada pusat kantor atau atasan terkait kejadian sangat di perlukan.


Komunikasi yang di maksud dalam penanganan kecelakaan dalam kalimat tadi , sebenarnya adalah sebuah kebutuhan informasi yang mendesak harus terlaksana, bila tidak maka penanganan kemungkinan besar akan terlambat dan setidaknya rentan merugikan banyak pihak. Betapa pentingnya jalinan komunikasi dalam penanganan masalah tidak lain karena kebutuhan Informasi merupakan bagian dari sebuah wujud pelayanan. Namun sangat disayangkan karena informasi kadang hanya merupakan bagian yang selalu di sepelekan , apabila tidak ada kejadian atau peristiwa yang kerap membuat penasaran, was-was hati dan perasaan.

Contoh yang sangat tepat adalah pengusaha transportasi darat,laut dan udara yang melayani warga Kabupaten Kepulauan Selayar . Terbukti dari pantauan saya, bahwa disepelekannya pelayanan informasi kepada masyarakat Selayar seharusnya tidak dilakukan oleh para pengusaha transpport,pasalnya warga pengguna jasa, telah membayar mahal melalui Apbd Selayar setiap tahunya secara tidak langsung kepada para pengusaha dalam bentuk subsidi pemerintah.

Bidang Transportasi laut, saat ini dilayani oleh armada kapal feri yang dioperasikan oleh PT.Asdp Indonesia Fery, melayani lintas pelayaran pelabuhan Bira (Bulukumba) - Pelabuhan Pamatata (Selayar). Jalur ini merupakan jalur keluar masuknya kendaraan pribadi dan niaga termasuk jalur pasokan sandang pangan serta papan.


Setidaknya Seratus kendaraan perhari melintas keluar dan masuk ke daerah selayar. Bila jalur ini mengalami hambatan maka dipastikan akan sangat berpengaruh bagi sebagian besar kehidupan masyarakat Selayar. Sering terjadi penundaan jadwal pemberangkatan atau penundaan pemberangkata kapal yang disebabkan beberpa hal diantaranya, cuaca, pasang surut air laut karena terjadinya pendangkalan di kolam dermaga pelabuhan bira.


Penundaan terjadi secara mendadak tanpa adanya informasi perkiraan atas apa yang akan terjadi, sehingga kerap terjadi penumpukan armada bus umum, kendaraan pribadi dan penumpang serta angkutan barang di kedua pelabuhan. Tentu saja kerugian dari seluruh pihak terjadi saat itu, padahal bila pengelola tidak menyepelekan pelayanan informasi public maka pengelola akan berupaya melengkapi seluruh bidang bidang pengelolaan dengan pengetahuan ilmu komunikasi yang mampu menciptakan informasi cepat kepada public………..dst….

Transportasi laut penumpang dan bahan bakar antara pelabuhan Rauf Rahman Benteng dan Pelabuhan Lappee Kabupaten Bulukumba yang dilayari kapal yang mengangkut penumpang . Dalam sehari jalur pelayaran ini sedikitnya dilalui kurang dari seribu warga yang akan masuk dan keluar Selayar.


Yang menjadi sorotan dalam pengelolaan jasa penumpang kapal tidak memiliki pusat informasi kepada masyarakat luas. Sehingga sering terlihat calon pengguna jasa terlambat datang dan batal berangkat karena tiket habis atau kapal telah berangkat.


Penjualan tiket pun terkesan semrawut dan seenaknya melakukan pembatalan pemberangkatan, serta seenaknya mengatur waktu lamanya pelayaran tanpa adanya pengumuman kepada pengguna jasa. Belum lagi bila pengelola mendapat ordercharteran atau booking seat yang kerap mengecawakan penumpang lainnya saat mengambil tempat duduk tiba tiba mendapat teguran dari petugas dek penumpang. Perlu adanya informasi seat dan perlu adanya komunikasi dengan menginformasikan kepada publik sekiranya dalam pelayaran selanjutnya akan berubah………..dst…………..

Transportasi angkutan barang dan jasa serta bbm dari pelabuha bulukumba tidak teratur dan tidak transparant. Bila hal ini kemudian telah membuka jalan terjadinya penyelundupan bbm ke wilayah lain karena tidak adanya komunikasi kontrol terhadap kapal kapal pengangkut. Belu lagi komunikasi dan informasi jumlah muatan merupakan satu hal yang sangat penting setidaknya dapat dijadikan sebagai pertanggungjawaban publik oleh pemerintah terkait bila terjadi kelangkaan. Termasuk mempermudah pihak keamanan melakukan chek and balance serta kontrol keamanan pada seluruh kapal kapal pengangkut.

Dari seluruh kegiatan pelayaran di seluruh pelabuhan se-Kabupaten Kepulauan Selayar terpantau sangat menyepelekan komunikasi. Terbukti dari seluruh kapal dan perahu yang merupakan jasa pelayaran massal umum dan khusus tidak dilengkapi sarana Navigasi Komunikasi, padahal petugas pelabuhan dengan nota bene surat izin berlayar telah di beri persetujuan, padahal dalam surat tersebut sangat jelasbahwa kapal yang di beri izin berlayar adalah kapal yang di lengkapi dengan sarana komunikasi sebagai kelengkapan navigasi. ………dst………

Transportasi udara yang melayani warga Selayar saat ini semakin menunjukkan peningkatan. Bila pada tahun tahun sebelumnya hanya satu maskapai yangmelayani maka tahun ini bertambah satu maskapai. Kedua maskapai penerbangan tersebut mendapat subsidi dari pemerintah melalui apbn dan apbd. Khusus Ekspress air, kabarnya mendapat subsidi sebesar 250 jt perbulan.


Sayang sekali karena hingga saat ini informasi mengenai harga tiket, penjualan tiket, baik di makassar maupun di selayar, informasi jadwal pemberangkatan pesawat serta kedatangan baik dari makassar maupun ke makassar belum diketahui oleh sebagian besar masyarakt Selayar. Memang telah ada yang hafal , tapi yang buta sama sekali lebih banyak.


Tidak seperti dengan maskapai penerbangan non subsidi alias komersil murni. Pengelola sangat menempatkan publikasi dan sosialisasi pelayanan ke tengah tengah masyarakat. Atau mungkin karena jatah 250 Jt perbulan hingga tidak perlu terlalu repot memasarkan layanan. Ada penumpang ga ada penumpang kan dah aman.


Yang penting kepentingan pejabat terpenuhi biar lanjut subsidinya”. ujar Fahrul seorang warga Selayar yang mengaku tidak sepakat dengan hal subsidi pesawat yang begitu banyak di tengah tengah masyarakat miskin yang hanya mampu beli sepeda dan tidak pernah mimpi naik pesawat. Selain takut karena kecil, juga mahal karena ga punya uang. Harga tiket berapa ya ? trus dimana belinya ? Tiba tiba Fahrul kembali menjawab, bahwa untuk beli tiket kamu telepon ke pejabat terkait saja, pasti tahu.

Kebutuhan Informasi kadang menjadi sepele saat pemahaman atas pentinganya komunikasi tidak diketahui. Sebaliknya Bila Komunikasi merupakan Kebutuhan maka Informasi akan menjadi Pelayanan yang Nantinya Akan Menjadi Kebanggaaan (Selayar. disaat semua hanya mampu menghitung yang masuk dan yang kaya adalah teman sementara yang miskin adalah bukan teman)


Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar