Iklan

Kapolres Selayar Pimpin FGD Bahas Rencana Distribusi Logistik Pemilu 2024

Rabu, 31 Januari 2024 | 19:03 WIB Last Updated 2024-01-31T11:03:25Z


MEDIA SELAYAR.
Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, S.H., S.IK., MM., M.IK., memimpin langsung kegiatan Focus Group Discussions (FGD) dalam rangka Kesiapan distribusi logistik pemilu 2024, di Aula Mapolres, Selasa (30/1/2024).

Hadir dalam FGD tersebut Dandim 1415 Selayar Letkol INF. Nanang Agung Wibowo, Kasi Pidum Irmansyah Asfari, S.H. mewakili Kajari dan Ketua KPU Andi Dewantara.

Selain itu, Polres Kepulauan Selayar juga mengundang sejumlah Pimpinan OPD diantaranya Dishub, Dinkes, Dan Pos TNI, Manajer PLN ULP Selayar, Danpos Basarnas, BPBD dan perwakilan APMS, untuk mengetahui kesiapan seluruh stakeholder dalam mendukung kelancaran pendistribusian Logistik. 

Dalam sambutannya, Kapolres Kep. Selayar menyampaikan Terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir. Ia menegaskan bahwa FGD tersebut dilaksanakan untuk menjamin Kelancaran Pemilu 2024 dalam rangka Kesiapan Pendistribusian logistik pemilu 2024.

“Jadi kita harus satukan persepsi dulu dalam melakukan pendistribusian logistik pemilu baik yang ada di daratan Selayar maupun yang ada di pulau pulau di Selayar ini. Kapan didistribusikan, dengan menggunakan apa, bagaimana Teknisnya, siapa yang terima, disimpan dimana. Dan yang terpenting adalah upaya antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelas AKBP. Ujang Darmawan HS.

Kapolres menyampaikan bahwa meskipun penyelenggara Pemilu adalah KPU, namun  kesuksesan Pemilu wajib didukung secara bersama oleh karenanya semua langkah khususnya dalam distribusi Logistik harus senantiasa dikoordinasikan dan disepakati bersama, sehingga langkah-langkah antisipasi bilamana ada situasi yang diluar rencana dapat diatasi.

Hal senada disampaikan Dandim 1415 Selayar, Ia menyampaikan bahwa salah satu alasan kenapa harus ada diskusi sebelum pergerakan adalah karena geografis Selayar yang merupakan Wilayah Kepulauan.

“Kita banyak pulau-pulau, perencanaan harus dilaksanakan sesuai SOP untuk itu kita semua disini memerlukan saran dari teman-teman semua yang ada disini. Kenapa kita harus merapatkan ini yang pertama yaitu cuaca dimana sudah memasuki musim angin barat,” ungkap Letkol Inf Nanang Agung Wibowo.

Sementara itu, Ketua KPU Kepulauan Selayar Andi Dewantara  dalam FGD ini mengungkapkan bahwa logistik pemilu 2024 ini sudah hampir rampung sekitar 98 persen dan masih ada beberapa logistik yang sementara ini masih dalam pengiriman. Untuk Distribusi Logistik ke Wilayah  Pulau direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 06-10 Februari 2024.

“Kami berencana akan melaksanakan pendistribusian ke wilayah kecamatan Kepulauan antara tanggal 6-10 Februari 2024 dan daratan tanggal 9-11 Februari 2024, mengapa kami percepat untuk wilayah kepulauan karena jarak yang jauh sedangkan mengapa di daratan kami perlambat untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan logistik pemilu.” jelas Dewantara.

Untuk proses pendistribusian ke Wilayah Pulau Andi Dewantara mengungkapkan beberapa skema rencana.

“Ada beberapa skema yang kami lakukan yaitu skema pelayaran rakyat kita gunakan kapal-kapal yang biasa dilakukan melintas ke kepulauan 1 kapal khusus melayani Kecamatan Takabonerate, selanjutnya kapal kedua melayani Kecamatan Pasimasunggu dan Pastim, dan kapal ketiga akan melayani Kecamatan Pasilambena dan Pasimarannu. Dan untuk skema alternatif penyeberangan  dengan menggunakan Angkutan Penyeberangan Ferry, Kapal Pelni (Tol Laut), KRI dan Helikopter,” tambahnya.

Diakhir paparnya, Andi Dewantara mengharapkan dukungan Pemerintah, TNI Polri dan seluruh Stakeholder terkait untuk mensukseskan pelaksanaan Distribusi Logistik, Pemungutan dan penghitungan suara serta seluruh Tahapan Pemilu 2024. (Humas Polres)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolres Selayar Pimpin FGD Bahas Rencana Distribusi Logistik Pemilu 2024

Trending Now

Iklan