Iklan

Festival Tunas Bahasa Ibu Digelar di SMPN Batangmata Selayar

Senin, 25 September 2023 | 17:40 WIB Last Updated 2023-09-25T09:40:09Z


MEDIA SELAYAR.
Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat sekolah dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Batangmata No.2 Kepulauan Selayar hari ini, Senin (25/9/2023).

FTBI kali ini memasukkan empat jenis lomba, diantaranya adalah lomba dongeng, pidato, komedi tunggal dan menulis cerpen. 

Adapun pesertanya terdiri dari para siswa yang telah dipilih oleh masing-masing wali kelas. Setiap kelas wajib mengutus putra dan putri untuk setiap lomba. Peserta membawakan lomba wajib menggunakan Bahasa Selayar dan menggunakan kostum baju adat.

Kepala SMPN Batangmata No.2 Kepulauan Selayar, Emilia Jusuf Kaluara, S.Pd., M.M., menyampaikan dalam wawancaranya bahwa FTBI tahun 2023 yang digelar kali ini untuk memaknai fungsi edukatif dengan melakukan seleksi terhadap peserta didik dalam upaya melestarikan bahasa daerah melalui lomba antarkelas yang terdiri dari lomba dongeng, pidato, komedi tunggal, dan menulis cerpen, dengan tema sosial.

"Cintai Bahasa Indonesia, kuasai bahasa asing dan lestarikan bahasa daerah adalah bagian dari pembiasaan disekolah dan salah satu episode 17 dari merdeka belajar yaitu revitalisasi bahasa daerah karena bahasa daerah memiliki fungsi edukatif yang artinya membantu proses pendidikan,” tegas Emilia.

Sementara itu di tempat yang sama, ketua panitia, Dianika Ariatami, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyeleksi siswa yang siap untuk membawa nama baik sekolah ke FTBI tingkat Kecamatan Bontomatene hari Rabu mendatang. 

“Siang tadi pengumuman juara langsung kita sampaikan agar setiap peserta yang lolos ke tingkat kecamatan segera bersiap,” lanjut Dian. 

Sekadar informasi, FTBI dilaksanakan secara berjenjang hingga ke tingkat kabupaten dan provinsi. (Dian). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Tunas Bahasa Ibu Digelar di SMPN Batangmata Selayar

Trending Now

Iklan