Iklan

Sambut Hari Jadi ke-75, Polwan Masuk Sekolah Gandeng Humas Beri Penyuluhan Penggunaan Medsos

Rabu, 09 Agustus 2023 | 19:35 WIB Last Updated 2023-08-09T11:35:42Z


MEDIA SELAYAR.
Personel Polwan bekerjasama dengan Seksi Humas Polres Kepulauan Selayar, melaksanakan kegiatan "goes to school" di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kepulauan Selayar, Rabu (9/8/2023). 

Kunjungan tersebut dalam alam rangka memperingati Hari Jadi Polwan ke-75 yang jatuh pada tanggal 01 September 2023 mendatang. 

Tim dipimpin oleh Kasi Humas Iptu Jajang dan Koordinator Polwan Selayar Aipda Nur Kumalasari. Turut hadir dalam rombongan Kasubsi IPDM Humas Aipda Suardi Andre, Para Personel Polwan  dan Staf IT Polres. 

Kedatangan Tim disambut langsung Kepala Sekolah MAN Kepulauan Selayar Sofannul Hidayatullah M.Ag.

"Selamat datang kepada, pak Kasi Humas Polres dan Ibu-ibu Polwan dan Rombongan di MAN Kepulauan Selayar. Semoga kehadiran Bapak/Ibu dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada anak-anak kami," sambut Sofannul Hidayatullah.

Iptu Jajang Sholehuddin dalam pengantarnya menyampaikan kedatangan Tim adalah untuk menjalankan program" Polwan Goes to School" dalam rangka menyambut Hari Jadi Polwan ke-75. 

Adapun dalam kunjungan ini akan dilakukan penyuluhan tentang Penggunaan Media Sosial yang Bijak dan sehat, oleh Ps. Kasubsie IPDM Humas Polres Aipda Suardi Andre.

Dalam paparannya, Aipda Suardi.A yang akrab disapa Andre, membawakan materi berjudul "Anak Muda Tangguh di Era Digital dengan Bijak bermedia Sosial". Ia menyebutkan bahwa sebanyak 95 % remaja usia 15-19 Tahun itu telah menggunakan Internet dan Media Sosial.

"Data terakhir dari Essensial Digital Headline, sebanyak 95 Persen remaja usia 15-19 Tahun telah menjadi pengguna Internet, ini merupakan pengguna Internet terbesar di Indonesia. Urutan kedua berada pada rentan usia 20-24 Tahun dengan persentase 88,5%. Selain itu, sebanyak 212,9 Juta penduduk di Indonesia aktif sebagai pengguna internet dan 167 Juta aktif sebagai pengguna Media Sosial," ungkap Andre.

Ia menjelaskan, dengan data tersebut maka penggunaan Internet dan Media sosial tidak dapat dihindari lagi, yang dapat dilakukan adalah bagaimana Pengguna dapat lebih bijak dalam berinternet maupun bermedsos.

"Usia 15-19 Tahun adalah Usia yang sangat rentan terhadap pengaruh lingkungan. Diusia ini ditentukan bagaimana adik-adik selanjutnya. Sebagai pengguna Internet terbesar di Indonesia, saya mengajak adik adik untuk bijak dalam bermedsos. Manfaatkan positifnya dan hindari negatifnya. Ketahui mana hoax mana tidak, saring setiap informasi,  jangan muda menshare konten sebelum memastikan konten tersebut benar dan bermanfaat," harapnya.

Andre menambahkan bahwa sebagai Sekolah berbasis Islam, para Pelajar MAN Selayar tentu mengenal Istilah Amal Jariyah yaitu amal yang pahalanya mengalir terus menerus termasuk saat meninggal. Menurutnya jika tidak bijak dalam bermedsos kita berpotensi melakukan Dosa Jariah.

" Konten yang tidak benar atau hoax itu sama dengan fitnah, mengupload konten Negatif, dishare kemana-mana. Setiap dilihat dan dibaca orang, itu berpotensi menimbulkan Dosa dan tentu akan terus menerus selama konten tersebut ada, ini bisa jadi Dosa Jariah " jelasnya.

Kegiatan penyuluhan yang diikuti seluruh Siswa-siswi MAN Selayar tersebut juga disertai dengan interaktif. Sedikitnya empat orang siswa memanfaatkan momentum tersebut untuk menyampaikan pertanyaan kepada pemateri. 

Dalam kesempatan tersebut, Polwan Polres Kepulauan Selayar juga memberikan Piagam Penghargaan kepada Kepala Sekolah MAN Kepulauan Selayar, karena telah membantu terlaksananya kegiatan Polwan Goes to school. (Humas Polres)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sambut Hari Jadi ke-75, Polwan Masuk Sekolah Gandeng Humas Beri Penyuluhan Penggunaan Medsos

Trending Now

Iklan