Iklan

Info BMKG Gempa Magnitudo 5,0 Terjadi di Kepulauan Selayar

Senin, 21 Agustus 2023 | 20:53 WIB Last Updated 2023-08-21T12:56:16Z


MEDIA SELAYAR. 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa dengan Magnitudo 5,0 terjadi di Pantai Selatan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Senin (21/8/2023) pukul 18.01 Wita.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,60° LS ; 120,50° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 Km arah Selatan Pasimasunggu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada kedalaman 492 km. 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat mekanisme "slab-pull" pada lempeng indo-australia", jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Senin (21/8/2023). 

Daryono menyebut hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). 

"Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pasimasunggu, Pasimarannu, Pasimasunggu Timur, Kepulauan Selayar dengan skala intensitas III MMI. Dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu", katanya. 

Dikatakan Daryono, dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut, ungkap Daryono. (*). 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Info BMKG Gempa Magnitudo 5,0 Terjadi di Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan