Iklan

Ruas Jalan Kabupaten Penghubung 2 Kecamatan di Selayar Rusak, Kerap Picu Kecelakaan Warga

Jumat, 28 Juli 2023 | 20:24 WIB Last Updated 2023-07-28T13:09:32Z


MEDIA SELAYAR.
Kondisi ruas jalan kabupaten yang menghubungkan antara Dusun Silolo Desa Lalang Bata - Dusun Lebo Desa Kohala Kecamatan Buki - Dusun Pajalaiyya Desa Barugaiya Kecamatan Bontomanai di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan cukup memprihatinkan. 

Pantauan Pewarta, sejumlah titik di ruas jalan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Selain banyak jalan berlobang, beberapa titik tertentu pada ruas jalan tersebut tak lagi beraspal, melainkan hanya tersisa kerikil dan batu koral yang menyebabkan sering terjadinya kecelakaan bagi para pengendara. 

"Kalau di disini, di Dusun Pakbatteang Desa Lalang Bata sudah ada empat pengendara yang mengalami kecelakaan. Ada yang mengalami luka ringan, ada juga yang mengalami luka berat. Yang luka berat ini kami langsung larikan ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan", ungkap Kepala Dusun Pakbatteang, Andi Alauddin, kepada Pewarta pada Jum'at (28/7/2023). 

Kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah ini, diharapkan Kadus Pakbatteang, Andi Alauddin agar mendapat perhatian dari para Wakil Rakyat dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. 

"Harapan kami tentunya ini diperhatikan dan diperbaiki. Jika alasannya anggaran tidak mencukupi untuk mengerjakan ruas jalan Silolo - Lebo - Pajalaiyya, minimal pada titik-titik jalan yang rusak parah itu diperbaiki atau direhabilitasi. Tapi kalau anggarannya memungkinkan, tentu akan lebih baik lagi jika ruas jalan ini diperbaiki seluruhnya," harap Alauddin. 

Andi Alauddin menyebut jika ruas jalan tersebut pernah dikerja dengan pengaspalan hotmix pada sekitar kurang lebih 13 atau 15 tahun silam. Namun, dengan berjalannya waktu, jalan tersebut mengalami kerusakan dan sudah berlangsung sekitar 5 tahun lebih. 

"Sebenarnya tahun lalu saat musrenbang di Kecamatan, saya pernah melihat ruas jalan kabupaten tersebut sudah dianggarkan pada APBD TA. 2022. Namun, hingga saat ini saya juga bertanya-tanya, kenapa tidak terealisasi. Buktinya kita lihat kerusakan jalan semakin parah", jelas Andi Alauddin. 

Alauddin juga menyampaikan bahwa hal tersebut pernah disampaikan kepada Anggota Komisi V DPR RI Hamka B. Kady yang melakukan reses di Dusun Pakbatteang, Desa Lalang Bata belum lama ini. 

"Dan beliau (Hamka) juga sudah merasakan sendiri kerusakan jalan disini. Bahkan, saat reses tersebut, beliau merasa miris dan tidak menyangka bahwasanya masih ada jalan seperti ini di Kepulauan Selayar," ungkap Andi Alauddin. 

Bahkan dirinya menyampaikan akan membicarakan hal itu dengan orang-orang di DPRD, karena katanya mereka akan melakukan pertemuan dengan semua Wakil Rakyat di Kepulauan Selayar dan akan menyampaikan aspirasi masyarakat terkait perbaikan jalan tersebut. Semoga hal ini bisa terealisasi, tutup Kadus Pakbatteang, Andi Alauddin. (Tim). 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ruas Jalan Kabupaten Penghubung 2 Kecamatan di Selayar Rusak, Kerap Picu Kecelakaan Warga

Trending Now

Iklan