Iklan

5 Pulau di Kep. Selayar Jadi Sasaran Distribusi Mata Uang Rupiah

Senin, 17 Juli 2023 | 23:03 WIB Last Updated 2023-07-17T15:03:50Z


MEDIA SELAYAR.
Kabupaten Kepulauan Selayar menjadi salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang menjadi sasaran pendistribusian mata uang rupiah oleh Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023. Adapun sejumlah pulau yang akan dijangkau yakni Pulau Kalaotoa, Pulau Kayuadi, Pulau Jinato, Pulau Bonerate, dan Pulau Selayar.

Untuk menjangkau pulau-pulau di Kepulauan Selayar, pihak Bank Indonesia menggandeng TNI Angkatan Laut (AL) untuk membantu mengedarkan mata uang rupiah kepada warga di pulau tersebut. 

"Melalui Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 ini, kami ingin memastikan Rupiah sebagai mata uang Republik Indonesia bisa berdaulat dan menjangkau seluruh pelosok dan pesisir Tanah Air," kata Kepala BI Kantor Perwakilan Sulsel, Causa Imam Karana disela-sela pelepasan Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 di Dermaga Lantamal VI Makassar, Senin (17/7/2023). 

Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini telah dilaksanakan delapan kali sejak 2016 di wilayah Sulsel. Menurut Causa Imam Karana, hal itu penting dilakukan agar masyarakat bisa melakukan dan mengenal rupiah sehingga tumbuh rasa cinta terhadap mata uang negara Indonesia.

"Perlu diketahui, rupiah bukan hanya alat pembayaran, tetapi identitas dan pemersatu bangsa serta menjadi salah satu penanda kedaulatan bangsa," kata Causa Imam Karana. 

Sementara itu, Kepala Paban 4 Mabesal Kolonel Marinir Suliono mengatakan TNI memiliki tanggung jawab untuk menjaga kedaulatan negara termasuk di dalamnya adalah peredaran uang. Karena itu, untuk menyukseskan Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023, TNI Angkatan Laut menyediakan kapal KRI Tongkol 813.

“TNI Angkatan Laut berkepentingan menjamin kelancaran roda pembangunan NKRI yang bagian utamanya adalah kegiatan perekonomian dan transaksi uang,” jelas Suliono.

Selain Kepulauan Selayar, Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2023 juga akan menjangkau 2 kabupaten lainnya di Sulsel yakni Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Sinjai yang dikategorikan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Selatan (BI Sulsel) sebagai daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T). 

Untuk diketahui, Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat ini akan berlangsung pada tanggal 17 hingga 22 Juli 2023. (*).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 5 Pulau di Kep. Selayar Jadi Sasaran Distribusi Mata Uang Rupiah

Trending Now

Iklan