Iklan

Keindahan 7 Pantai di Bulukumba Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Media Selayar
Minggu, 12 Februari 2023 | 12:18 WIB Last Updated 2023-02-12T04:18:56Z

bulukumba

MEDIA SELAYAR
- Pantai di Bulukumba memang terkenal dengan pemandangannya yang indah. Tak jarang, banyak wisatawan berkunjung ke Bulukumba hanya untuk berlibur ke pantainya. 

Kabupaten Bulukumba sendiri adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Ibu kota kabupaten ini terletak di Kecamatan Ujung Bulu. Luas wilayah Kabupaten Bulukumba 1.154,58 km² dengan jarak tempuh dari Kota Makassar sekitar 153 km

Secara wilayah, Kabupaten Bulukumba berada pada kondisi empat dimensi, yakni dataran tinggi pada kaki Gunung Bawakaraeng Lompobattang, dataran rendah, pantai, dan laut lepas.  

Kabupaten Bulukumba terletak di ujung bagian selatan ibu kota Provinsi Sulsel, terkenal dengan industri perahu pinisi yang banyak memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Berdasarkan data BPS Kabupaten Bulukumba tahun 2021, Kabupaten Bulukumba memiliki luas wilayah 1.154,58 km² dan berpenduduk 437.610 jiwa. Kabupaten Bulukumba terdiri atas 10 kecamatan, 27 kelurahan, serta 109 desa.

1. Pantai Lemo-lemo terletak di Desa Tanah Lemo, Kecamatan Bonto Bahari. Pemandangan yang disajikan di pantai ini benar-benar eksotis dengan pasir putih yang halus dan air laut bersih.   Tak hanya hamparan pasir putih dan pantai yang mempesona, di Pantai ini juga terdapat gua yang di sekitar pantai. Di dalam gua tersebut terdapat air tawar yang sangat jernih.

2. Pantai Samboang  berada di Kecamatan Bontotiro, Desa Ekatiro. Pantai ini termasuk pantai yang hits karena pemandangan air laut yang jernih yang berpadu dengan hamparan pasir berwarna putih. Pepohonan kelapa yang ada di pesisir pantai membuat pemandangan alamnya semakin mempesona. Bukan itu saja, di pantai ini juga terdapat pulau kecil yang bisa dikunjungi melalui jembatan penghubung sepanjang 20 meter. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan ataupun rumah makan. 

3. Pantai Bara adalah tempat wisata yang terletak di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari. Lokasi Pantai Bara terletak di sekitar Pantai Bira, jarak antara keduanya sekitar tiga kilometer. Pantai Bara diapit oleh tebing karang dan memiliki pasir putih dengan gradasi air laut yang berwarna biru hingga hijau tosca. Terdapat pohon kelapa yang biasa dijadikan ayunan oleh pengunjung dengan tingkat kemiringan sampai 45 derajat.

4. Pantai Mandala Ria Pantai yang ada di Bulukumba selanjutnya yakni Pantai Mandala Ria. Pantai yang terletak di pesisir Teluk Bone ini berpasir putih dengan menyajikan panorama indah menawan dengan lambaian nyiur sepanjang pantai.  

Bebatuan besar dikedua ujung pantai ini ditumbuhi pohon hijau nan rindang yang merupakan daya tarik tersendiri bagi pengunjung.  Berbagai jenis ikan dengan warna-warni yang menawan dapat dinikmati dan merupakan daya tarik tersendiri bagi penyelam/pecinta taman bawah taut. Pantai ini juga menjadi salah satu sentra pembuatan perahu Pinisi. 

Terdapat fasilitas berupa bangku yang beratapkan payung di kawasan pinggir pantainya sehingga wisatawan bisa berteduh sambil menikmati pemandangan Pantai andala Ria.

5. Pantai Tanjung Bira Bagi Anda yang sudah sering berkunjung ke Pantai Tanjung Bira, pasti sudah tidak asing lagi dengan pantai yang satu ini. Ya, pantai ini sudah populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara karena panorama alam yang disuguhkan begitu eksotis. Pasir yang ada di pantainya berbeda dari pasir pantai lain. Tekstur pasir lembut adalah ciri dari Pantai Tanjung Bira.   

Pantai Tanjung Bira terletak sekitar 40 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Bulukumba. 

6. Pantai Marumasa Pantai Marumasa berada di Kecamatan Bonto Bahari, tepatnya di Desa Darubiah. Pantai ini menyuguhkan panorama alam berupa lautan berwarna toska yang jernih berpadu dengan hamparan pasir putih di sepanjang tepi pantainya.  

Ciri khas dari pantai ini adalah keberadaan tebing yang ada di kawasan pantai. Selain itu, juga terdapat deretan pepohonan kelapa yang terletak di sepanjang pesisir pantai sehingga menciptakan suasana khas dari pantai tropis. Pantai Marumasa tidak begitu luas. Tapi, pasir pantai di sana cukup halus dan ombaknya pun relatif tenang. Panorama pantai semakin cantik dengan keberadaan perahu nelayan yang parkir. 

7. Pantai Ujung Tiro Pantai Ujung Tiro terletak di Kecamatan Bontotiro, tepatnya di Desa Ekatiro. Jika dilihat sekilas, pantai ini memiliki banyak persamaan dengan Tanah Lot di Bali.    

Objek wisata di pantai ini menyuguhkan panorama bahari dengan air yang jernih serta tebing batu di sekitarnya. Ragam aktivitas pun bisa dilakukan di sini, seperti memancing, snorkeling, ataupun sekedar berswafoto. Ciri khas dari Pantai Ujung Tiro yakni keberadaan gugusan pulau kecil berupa bebatuan karang di kawasan pantainya.  

Terdapat jembatan kayu dengan panjang 10 meter yang menghubungkan bibir pantai dengan bebatuan karang. Wisatawan bisa melihat ikan-ikan berukuran kecil berwarna-warni yang ada di bawah jembatan tersebut. (***)

Koresponden Bulukumba : Rudyanto. 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keindahan 7 Pantai di Bulukumba Jadi Magnet Kunjungan Wisatawan Lokal dan Mancanegara

Trending Now

Iklan