Iklan

Festival Takabonerate Selayar Tersingkir dari Kharisma Event Nusantara 2023

Senin, 30 Januari 2023 | 23:05 WIB Last Updated 2023-01-30T15:05:12Z


MEDIA SELAYAR.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) telah melaunching 110 event wisata daerah dan 65 sport yang ditetapkan masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. 

Penetapan itu diumumkan pada Seremonial dan Peluncuran KEN 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu, 29 Januari 2023. 

Namun sayangnya, Festival Takabonerate Kepulauan Selayar, tahun ini tidak lagi masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Tidak hanya Festival Takabonerate, Festival Phinisi Bulukumba juga gagal masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023 Kemenparekraf. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel, Asriady Sulaiman, mengatakan ada beberapa kendala teknis yang mengakibatkan dua event tersebut gagal masuk KEN, berdasarkan penilaian para kurator dari Kemenparekraf. Namun, dua daerah ini masih diberi kesempatan untuk presentase ulang.

"Jadi, ada beberapa kendala teknis terkait dua event tersebut, menurut para kurator dari Kemenparekaf masih kurang. Namun, dua event ini tetap diberi kesempatan termasuk kaji ulang agar akurat, sehingga jadi bahan presentase," kata Asriady, Senin, 30 Januari 2023.

Asriady mengakui, proses seleksi event se Indonesia ini berlangsung ketat, yang mengacu pada aspek ide, potensi, dan inovasi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni dan budaya, dan aspek strategi komunikasi dan media. 

Tahun 2023 ini, hanya empat event di Sulsel yang berhasil masuk KEN, yakni Festival Salo' Karajae Parepare, F8 Makassar, Beautiful Malino Kabupaten Gowa, dan Toraja Internasional Fest di Toraja. 

Atas penetapan dan Peluncuran KEN 2023 ini, Presiden RI Joko Widodo berharap, even wisata yang berhasil menjadi even nasional yang tersebar di seluruh Indonesia ini dapat menjadi magnet pengunjung sehingga dapat mendongkrak prekonomian masyarakat. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Festival Takabonerate Selayar Tersingkir dari Kharisma Event Nusantara 2023

Trending Now

Iklan