Iklan

Dihadang Cuaca Buruk, 5 Korban Selamat KLM. Kasman Indah 06 Singgah di Pulau Kayuadi

Minggu, 01 Januari 2023 | 18:43 WIB Last Updated 2023-01-01T11:10:59Z


MEDIA SELAYAR.
Lima awak KLM Kasman Indah 06 diinformasikan telah tiba dan berada di Pulau Kayuadi, Kecamatan Taka Bonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (1/1/2023) sekitar pukul 17.00 Wita. 

Sebelumnya diberitakan, kelima orang awak kapal tenggelam asal Kabupaten Jeneponto tersebut telah dibawa dari Pulau Bonerate, lokasi mereka ditemukan terdampar dan dipindahkan ke pulau lain dengan menggunakan perahu jolloro dalam kondisi cuaca buruk. 

Kelimanya masing-masing bernama Tison (KKM), Aripuddin, Sahrang, Daeng Tanga dan Rani. 

Dikonfirmasi, Kapolsek Taka Bonerate Ipda Hasan, S.Sos., membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa personel Polsek Taka Bonerate telah menjemput kelimanya di pantai Pulau Kayuadi, tempat mereka bersandar. 

"Langsung dibawa ke kediaman Kapolsek", ucap Ipda. Hasan, singkat. 

Sementara itu, Arifuddin salah seorang korban selamat KLM. Kasman Indah, kepada Pewarta mengatakan bahwa mereka berangkat dari Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimarannu menuju Pulau Kayuadi, Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada Minggu sekitar pukul 09.00 Wita. 

"Ini kesepakatan kami berlima, Pak. Keluarga di Jeneponto juga menginginkan kami segera berangkat ke Pulau Selayar, agar bisa pulang ke Kabupaten Jeneponto. Sehingga kami menghubungi teman di Pulau Kayuadi untuk menjemput kami di Pulau Bonerate", jelas Arifuddin. 

Ditanya terkait kondisi cuaca selama perjalanan, Arifuddin menyebut kondisi cuaca sangat buruk. Gelombangnya sangat tinggi. Angin kencang, dan sempat hujan juga tadi selama perjalanan, kata Arifuddin. 

"Kami di jemput dengan perahu jolloro, tapi karena cuacanya sangat buruk saat dari Pulau Bonerate ke Pulau Kayuadi, kami merapat ke pinggiran Pulau Kalao (Lambego), untuk menghindari angin kencang. Karena kalau tidak merapat, kami dihantam gelombang tinggi, Pak", tutur Arifuddin. 

Arifuddin juga mengatakan, sesaat tiba di Pulau Kayuadi, mereka dibawa ke Puskesmas Pasi Tallu, Pulau Kayuadi, Kecamatan Taka Bonerate untuk diperiksa kesehatannya. 

"Waktu tiba disini, kami dibawa ke Puskesmas, untuk diperiksa. Alhamdulillah, kami semua dalam kondisi sehat", katanya lagi. 


Saat ini, kelima korban selamat KLM. Kasman Indah telah berada di Rumah Jabatan Kapolsek Taka Bonerate. 

"Untuk sementara kami disini, Pak. Sambil menunggu cuaca teduh, baru kami ke Pulau Selayar", tutup Arifuddin. 

Untuk diketahui, kelima awak KLM. Kasman Indah 06 ini ditemukan terdampar oleh warga di Pantai Lagundi, Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (25/12). 

Kelima orang ini bersama dengan 6 awak KLM. Kasman Indah 06 lainnya, berlayar dari Pelabuhan Reok, Nusa Tenggara Timur, pada hari Jum'at tanggal 23 Desember 2022 sekitar pukul 14.00 wita, dengan tujuan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dengan memuat ratusan ekor ternak. 

Saat melintas di perairan sebelah barat Pulau Bembe Desa Tanamalala Kecamatan Pasimasunggu, pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 sekitar pukul 04.00 Wita, KLM Kasman Indah 06 dihantam ombak besar disertai angin kencang yang menyebabkan lambung kapal bocor hingga tenggelam.

Kelima orang ini ditemukan terdampar oleh warga di Pantai Lagundi, Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, pada Minggu (25/12). Sementara, 6 (Enam) awak lainnya, hingga saat ini belum ditemukan dan tidak diketahui keberadaannya. Mereka adalah Sido (Nahkoda), Saleh, Sero, Rahul, I'ba, dan Hendri. (Tim).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dihadang Cuaca Buruk, 5 Korban Selamat KLM. Kasman Indah 06 Singgah di Pulau Kayuadi

Trending Now

Iklan