Iklan

Keluarga Awak KLM. Kasman Indah 06 Minta Pemerintah Peduli Bantu Pencarian

Media Selayar
Senin, 26 Desember 2022 | 22:38 WIB Last Updated 2022-12-26T15:07:50Z


MEDIA SELAYAR
-  Hingga hari ketiga, Senin (26/12/2022) tenggelamnya KLM. Kasman Indah 06 diperairan laut Kepulauan Selayar, masih ada 6 (enam) orang awak belum diketahui nasibnya. 

Sementara 5 ( LIma ) orang awak kapal lainnya telah ditemukan selamat terdampar di pantai Lagundi Kecamatan Pasimarannu Kepulauan Selayar,  pada Minggu (25/12/2022).  Mereka adalah warga Kabupaten Jeneponto Sulawesi-Selatan. 

Kelimanya saat ini diiatirahatkan di Mapolsek Pasimarannu menunggu pemulangan. Dari kelima awak kapal ini kemudian diketahui bahwa masih ada rekan mereka yang belum ditemukan. 

Mereka ada 11 orang awak diatas  kapal. Dan kapal mereka tenggelam setelah dihadang cuaca buruk dan gelombang diperairan Kepulauan Selayar, pada Sabtu malam, saat dalam pelayaran dari pelabuhan Reok Nusa Tenggara Timur menuju pelabuhan  Bungeng di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan.

Saat tenggelam KLM. Kasman Indah 06 memuat 124 ekor ternak kerbau kuda dan kambing. Masih ada 6 (enam) orang yang belum ditemukan," jelas IPTU. Malik, Kapolsek Pasimarannu, Minggu (25/12/2022) lalu.

Pantauan Pewarta, telah ada upaya melakukan pencarian dari Basarnas Pos Selayar namun upaya tersebut gagal karena cuaca buruk. Sementara itu terkait upaya lainnya disekitar wilayah kepulauan  hingga malam ini belum terlihat sama sekali. 

Melalui media sosial, keluarga para awak yang belum ditemukan meminta kepada Pemerintah untuk turun membantu melakukan penyelamatan dan pencarian terhadap keluarga mereka yang masih belum diketahui nasibnya. 

Keluarga para awak meminta bantuan Pemerintah untuk peduli atas belum ditemukannya para awak di perairan Kepulauan Selayar. Ini bencana juga dan sudah seharusnya Pemerintah turun dan tidak acuh tak acuh karena ini adalah nyawa manusia.

Sementara itu Aripuddin salah seorang awak  KLM Kasman Indah 06, yang ditemukan selamat, kepada Pewarta menceritakan singkat bahwa kapal mereka bertolak dari perairan Reok NTT mengangkut ternak dengan tujuan pelabuhan Kabupaten Jeneponto, pada Jum'at 23 Desember 2022, pukul 14.00 WITA. 

Dan saat kapal melintas di perairan laut Kepulauan Selayar pada Sabtu 24 Desember 2022 pukul 04.00 Wita, kapal mereka tidak mampu lagi melewati angin kencang dan ombak besar yang menerjang hingga akhirnya tenggelam. 

Aripuddin dan 4 rekannya menyelamatkan diri dengan sekarung sabuk kelapa yang mengapungkan mereka hingga terdampar dipantai Lagundi Pulau Bonerate. 

Sejumlah pihak di Kepulauan Selayar yang dikonfirmasi terkait apa upaya pencarian terhadap ke 6 orang awak yang belum diketahui nasibnya ini, tidak ada yang memberi jawaban termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui grup info media belum memberi jawaban hingga rilis ini ditayangkan. 

Hal ini membuktikan dan perlu mendapat evaluasi pemimpin daerah terkait kesiapan pihak-pihak yang bekompeten mengatasi bencana dan peristiwa di Kepulauan Selayar jika terjadi kejadian besar atau bencana alam didaerah ini. 

Seyogyanya cuaca dan alasan klasik lainnya tidak dijadikan alasan untuk tidak melakukan penyelamatan dan pertolongan daruratt.

Kapal Layar Motor (KLM) Kasman Indah 06, asal Jeneponto dinakhodai oleh Sido, dengan 10 awaknya. 

Mereka yang belum ditemukan adalah 

1. SIDO ( Nahkoda)

2. RAHUL

3. SERO

4. HENDRI

5. SALEH

6. I'BA.

Sementara yang selamat terdampar di Bonerate adalah 

1. TISON ( KKM )2

. RANI

3. ARUPUDDIN

4. SAHRANG

5. DAENG TANGA


(Tim). 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Keluarga Awak KLM. Kasman Indah 06 Minta Pemerintah Peduli Bantu Pencarian

Trending Now

Iklan