Iklan

Gubernur Sulsel Minta Danlantamal dan Kabasarnas Evakuasi Korban KLM. Kasman Indah

Kamis, 29 Desember 2022 | 11:42 WIB Last Updated 2022-12-30T06:17:58Z


MEDIA SELAYAR.
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memerintahkan untuk melakukan upaya pencarian terhadap korban KLM. Kasman Indah 06, yang tenggelam di perairan sebelah barat Pulau Bembe Desa Tanamalala, Kecamatan Pasimasunggu, Kepulauan Selayar. 

"Kita instruksikan untuk mengevakuasi korban kapal KM Kasman Indah 06 yang dilaporkan tenggelam di perairan Selayar", ucap Andi Sudirman. 

Gubernur Sulsel Andi Sudirman mengatakan baru saja melakukan koordinasi Danlantamal dan Kabasarnas Sulsel, terkait upaya evakuasi korban kapal yang tenggelam di perairan Kepulauan Selayar tersebut.

"Kami baru saja update koordinasi Danlantamal dan Kabasarnas Sulsel masih terkendala cuaca ombak tinggi hingga 6-7meter", kata Andi Sudirman Sulaiman, dikutip dari laman media sosialnya, pada Kamis (29/12). 

Kendati demikian, Gubernur mengatakan Tim masih terus melakukan pencarian atas korban tenggelam Kapal KM Kasman Indah 06 setelah 5 orang selamat berhasil di evakuasi beberapa hari lalu.

"Pencarian masih terus dilakukan dengan tetap memperhatikan aspek cuaca dan berdoa semoga korban kapal tenggelam dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat. Aamiin", kata Andi Sudirman. 

Saat ini, Basarnas bersama tim pencarian melakukan pencarian terhadap 6 korban lainnya.

Selain itu, tim gabungan Koramil 1415-03/Psmr bersama Polsek Pasimarannu dan Masyarakat melaksanakan Patroli pencarian korban KM Kasman indah 06 dibeberapa pulau tak berpenghuni wilayah Kecamatan Pasimarannu.

Untuk diketahui, KLM Kasman Indah 06 dengan 11 orang awak kapal, berangkat dari Pelabuhan Reok, Nusa Tenggara Timur pada hari Jum'at tanggal 23 Desember 2022 sekitar pukul 14.00 wita, dengan tujuan Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dengan memuat ratusan ekor ternak, yang terdiri dari Kuda sebanyak 30 ekor, Kerbau sebanyak 44 ekor dan Kambing sebanyak 50 ekor.

Namun, saat melintas di perairan sebelah barat Pulau Bembe Desa Tanamalala Kecamatan Pasimasunggu, pada hari Sabtu, 24 Desember 2022 sekitar pukul 04.00 Wita, KLM Kasman Indah 06 dihantam ombak besar disertai angin kencang yang menyebabkan lambung kapal bocor hingga tenggelam.

Dari 11 awak kapal, sebanyak 5 awak KLM Kasman Indah 06 ditemukan terdampar oleh warga di Pantai Lagundi, Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Minggu (25/12). 

Kelima awak selamat tersebut masing-masing bernama Tison (KKM), Aripuddin, Sahrang, Daeng Tanga dan Rani. Hingga saat ini mereka masih berada di Mapolsek Pasimarannu menunggu cuaca membaik, untuk selanjutnya akan diberangkatkan menuju Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar.

Sementara, awak yang hingga belum ditemukan masing-masing Sido (Nahkoda), Saleh, Sero, Rahul, I'ba, dan Hendri. (Afd).





Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Sulsel Minta Danlantamal dan Kabasarnas Evakuasi Korban KLM. Kasman Indah

Trending Now

Iklan