Iklan

Adnan Purichta Ichsan Bintang Baru Pilgub 2024

Media Selayar
Selasa, 01 Maret 2022 | 14:07 WIB Last Updated 2022-04-30T02:14:53Z


MEDIA SELAYAR
- Bupati Kabupaten Gowa aktif, Adnan Purichta Ichsan kini digadang untuk ikut menjadi calon Gubernur Sulsel, hal mana berdasar pada elektabilitas survey paling tinggi versi Lembaga Survei Polmark Indonesia. Hasil survei itu beredar di sejumlah grup-grup WhatsApp, sejak Sabtu 26 Februari, sore.

Dalam foto itu, Adnan mendapatkan hasil agregasinya sebesar 12,4. Mengungguli Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman sebesar 10,1. Diikuti ketiga Rusdi Masse 9,2. Sementara Wali Kota

Makassar, Danny Pomanto 4,9, dan Mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin 4,6 persen.

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan berpeluang jadi bintang baru pada Pilgub Sulsel 2024 mendatang. Putra mendiang Ichsan Yasin Limpo itu mengalahkan sejumlah nama kontestan Pilgub Sulsel sebelumnya, seperti Andi Sudirman Sulaiman, Nurdin Halid, ataupun Ilham Arief Sirajuddin. Ilham Arief Sirajuddin adalah kontestan Pilgub Sulsel 2013.

Sementara, Andi Sudirman Sulaiman dan Nurdin Halid adalah kontestan Pilgub Sulsel 2018 lalu. Nama Adnan berkibar seusai pilkada Gowa 2020 setelah mencatatkan kemenangan tertinggi Pilkada. Terpisah, Direktur Mitra Demokrasi Indonesia (MDI),

Andi Taufiq Aris, menyampaikan hasil survei PolMark terkait Calon Gubernur Sulsel menarik untuk dianalisis.

Terekam bahwa figur-figur yang memiliki panggung politik, baik itu ketua parpol maupun kepala daerah memperoleh elektabilitas tinggi. “Para figur yang memiliki panggung (politik) dipastikan bisa menciptakan dinamika yang akan sangat berdampak positif pada popularitas dan elektabilitasnya,” kata Andi Taufiq, kemarin.

Dalam survei Polmark, ia mengimbuhkan elektabilitas figur dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni mereka yang mempunyai panggung politik dan mereka yang tidak miliki panggung politik. Nah, hasil survei menunjukkan empat dari lima figur teratas memiliki panggung politik, hanya IAS yang tidak memiliki panggung politik.(*)


Hasil Survei Polmark:

Adnan Purichta Ichsan 12.4 %

Andi Sudirman Sulaiman 10.1 %

Rusdi Masse 9.2 %

Danny Pomanto 4.9 %

Ilham Arief Sirajuddin 4.6 %

HM Amir Uskara 4.0 %

Nurdin Halid 3.0 %

Indah Putri Indrayani 3.4 %

Andi Kaswadi Razak 1.9 %

Andi Pashar Padjalangi 1.6 %

Andi Iwan Darmawan Aras 1.2 %

Munafri Arifuddin 1.0 %

HM. Muhammad Aras 1.0 %

Taufan Pawe 0.7 %

Lainnya 1.4 %

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Adnan Purichta Ichsan Bintang Baru Pilgub 2024

Trending Now

Iklan