MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Ratusan Angler Ramaikan Lomba Mancing Hari Jadi ke-416 Selayar
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Ratusan Angler Ramaikan Lomba Mancing Hari Jadi ke-416 Selayar

    Sabtu, 27 November 2021, 22:38 WIB Last Updated 2021-11-27T17:34:14Z


    MEDIA SELAYAR.
    Sebanyak 33 Tim peserta lomba mancing dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-416 Selayar, resmi dilepas di pantai timur Desa Appatanah Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (27/11) sore.

     

    Pantauan Pewarta, ke 33 tim pemancing dengan jumlah 132 orang peserta, terdiri dati pemancing lokal dan luar daerah, seperti Jakarta, Makassar, Bantaeng, Bone, Jeneponto, Bulukumba dilepas oleh  Andi Batara Gau, S.E. selaku ketua panitia pelaksana lomba mancing dalam rangka Hari Jadi ke-416 Selayar.

     

    Hadir dalam acara pelepasan ini, Danramil 1415-01/Bontosikuyu Mayor Inf Rusli, Kapolsek Bontosikuyu Iptu Abd. Hamid, Komandan Basarnas Pos Selayar Mukti Ali, Kades Appatanah Marzan, Babinsa Sertu Sageruddin, Bhabinkantibmas Amir Daus, Tim Kesehatan Puskesmas Lowa, dan panitia pelaksana lomba mancing serta masyarakat Desa Appatanah.

     

    Dalam sambutannya, Andi Batara Gau yang akrab disapa “ABG” mengatakan bahwa kegiatan kegiatan lomba mancing dalam rangka Hari Jadi Ke-416 Selayar ini berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 27 - 28 November 2021. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebenarnya telah lama dinantikan oleh para pemancing (angler). Namun karena selama 2 tahun terakhir ini pandemi covid-19 melanda negara dan daerah, sehingga kegiatan lomba mancing baru bisa kita laksankan tahun ini.

     

    ‘Selamat datang para angler (pemancing), terutama para angler yang lumayan jauh asalnya, sudah ingin ikut berpartisipasi dan luar biasa perjuangannya sampai ke sini (Selayar). Hari ini kita telah dipertemukan kembali untuk mengobati kerinduan kita sebagai angler mania”, ucap Andi Batara Gau.

     

    Dalam kesempatan itu, Andi Batara Gau mengatakan spot mancing untuk lomba kali ini tidak terlalu jauh dari pantai Appatanah. Melihat air laut sudah pasang, Ia pun mempersilahkan para angler untuk mempersiapkan peralatan mancing dan kapal yang akan digunakan dalam tournamen ini.

     

    “Spot mancing tidak terlalu jauh dari pantai Appatanah. Ikan disini juga sudah lama tidak dipancing, mudah-mudahan bisa ketemu sebentar. Jadi untuk para angler ini adalah ajang pengakuan bahwa kita adalah angler mania yang luar biasa yang ikut bertarung ditempat ini”, lanjutnya.

     

    Untuk itu, saya persilahkan kepada para angler mempersiapkan peralatan mancing dan kapal yang masing-masing yang akan digunakan. Sukses dan selamat bertanding”, ucap Andi Batara menutup sambutannya.

     

    Terpantau, sejumlah pejabat vertikal dan pejabat lingkup Pemda Kepulauan Selayar ikut berpartisipasi dalam tornamen kali ini, diantaranya Kepala Pertanahan Kepulauan Selayar, Kepala Dinas Sosisal Kepulauan Selayar, serta sejumlah pejabat OPD lainnya. 

     

    Sementara itu, pada Kamis (25/11) malam, kepada Pewarta, Andi Batara Gau selaku ketua panitia lomba mancing menyatakan bahwa event ini adalah salah satu program pengembangan parawisata di Kepulauan Selayar dengan istilah Sport Tourism yang merupakan salah satu tujuan DBON ( Desain Besar Olahraga Nasional ) yang dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga baru - baru ini. 

     

    Insya Allah, kedepannya Kepulauan Selayar juga akan menjadi destinasi pilihan Sport Tourism bagi para Angler Mania”, ucap Andi Batara. Menurutnya, Kepulauan Selayar memiliki spot mancing terbaik yakni disekitar perairan laut Desa Appatanah Kecamatan Bintosikuyu", katanya.

     

    Ia berharap kedepannya perairan laut ujung selatan pulau Selayar dijadikan sebagai objek wisata mancing, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Appatanah, baik dari segi ekonomi yang akan menunjang bagi para pengusaha Penginapan, Transportasi, Kuliner, Penyewaan Kapal, Souvenir dan lain-lain. 

     

    Untuk Parawisata juga akan lebih memperkenalkan keindahan Kepulauan Selayar, menambah kunjungan wisata, menciptakan destinasi wisata baru, dan turut mengkampanyekan penangkapan ikan yang ramah lingkungan. Di segi perikanan diharapkan mampu memperkenalkan kekayaan laut Selayar dengan jenis ikan yang beragam yang memiliki nilai ekonomi tinggi. 

     

    Lomba mancing kali ini mempertandingkan kelas bebas dan akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Pemenang juga akan mendapatkan Trophy, Piagam dan Souvenir dari sponsor. 

     

    Untuk diketahui, kegiatan lomba mancing yang dilaksanakan diperairan laut Desa Appatanah Kecamatan Bontosikuyu Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga dalam rangka meriahkan Hari Jadi ke-416 Selayar. (Tim).

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru