MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar Jajaran Pemkab Kepulauan Selayar Ikut Pembukaan Ormas Expo 2021 Secara Daring
  • Jelajahi

    Copyright © MediaSelayar.Com | Medianya Orang Selayar

    Jajaran Pemkab Kepulauan Selayar Ikut Pembukaan Ormas Expo 2021 Secara Daring

    Media Selayar
    Rabu, 25 Agustus 2021, 12:26 WIB Last Updated 2021-08-25T04:26:10Z


    MEDIA SELAYAR
    . Para Asisten Sekretariat Daerah bersama sejumlah kepala OPD dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) Kepulauan Selayar hadiri acara Pembukaan kegiatan Ormas Expo tahun 2021 secara tatap maya atau Video Conference yang di gelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Senin, 23/8/2021.


    Acara ini mengusung tema" Peran Organisasi Kemasyarakatan Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi Covid - 19" kerjasama antara Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri dengan yayasan Bentang Merah Putih.


    Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol. (Purn.) Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D. dalam sambutannya mengakatan dalam sistem demokrasi kekuasaan ditangan rakyat maka disamping hak - hak warga negara diberikan jaminan dan hak menyampaikan pendapat ( fredoom express opinion), salah satunya adalah pemberian ruang untuk membentuk Organisasi Kemasyarakan (Ormas).


    “Tentunya dapat mendukung dan bekerjasama dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan, mencapai tujuan dibentuknya negara"ungkapnya"


    “Dalam konteks ini maka ormas - ormas tentunya berbeda - beda, ada ormas yang berfokus pada masalah politik, ekonomi,pertanian, bidan perdagangan, pangan, pendidikan, kesehatan dan adapun yang fokus dibidang sosial yang memberikan bantuan kepada masyarakat regulasi serta dibidang budaya yang tentunya menambah kekayaan bangsa kita dan lain – lain,” sambung tito.


    Sementara itu dilain sisi Direktur Jenderal Politik Pemerintahan Umum Dr. Drs. Bahtiar, M.Si menyampaikan atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada segenap undangan, para Ormas - ormas Expo 2021 yang telah ikut hadir dalam acara ini.


    Bahtiar mengatakan bahwa Ormas Expo 2021 ini adalah suatu bentuk bimtek inovasi yang dilakukan oleh Dirjen politik pemerintahan umum dan luar negeri dalam hal ini rektor dan ormas yang didukung oleh yayasan Bentang Merah Putih dan lainnya.


    “Jenis Organisasi Kemasyarakatan ini (Ormas) banyak bentuk dan jenisnya, ada yang berbadan hukum ada juga yang tidak, ada yang berbasis anggota, berstruktur dari pusat, kota bahkan sampai desa, kelurahan ada juga yang tidak bebasis struktur dan itu jumlahnya hampir sampai 500.000 yang berorganisasi di bidang sosial kemasyarakatan, ini menjadi otensi kekuatan masyarakat yang sangat luar biasa dan mestinya dapat membangun negara, bangsa dan masyarakat," sambungnya.


    Bahtiar mengatakan untuk membangun sebuah bangsa bukanlah hanya mengandalkan pada kekuatan birokrasinya, karena tidak akan mampu melayani warganya 1X 24 jam atau menghadirkan kenyamanan, keamanan keadilan 1X24 jam, oleh karenanya itu kekuatan masyarakat sipil dengan berbagai jenis dan bentuknya sangat diperlukan.


    “Ormas Expo 2021 ini bertujuan untuk memfasilitasi serta mengajak seluruh Ormas - ormas untuk berinovasi dibidangnya masing-masing khususnya dibidang sosial kemasyarakatan melalui teknologi informasi dalam masa pademik yang kita hadapi ini," tutup Bahtiar. (R). 

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Berita Terbaru