Iklan

Basarnas Sulsel Laksanakan Latihan SAR Daerah dan Potensi SAR di Kep. Selayar

Rabu, 02 Juni 2021 | 20:18 WIB Last Updated 2021-06-15T07:42:26Z


MEDIA SELAYAR.
Basarnas Sulawesi Selatan melaksanakan Latihan SAR Daerah dan Pelatihan Potensi SAR Pertolongan di Atas Permukaan Air, di Kabupaten Kepulauan Selayar. 


Pembukaan pelatihan resmi dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, S.H., bertempat di ruang pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar, pada Rabu (2/6).


Penyelenggaraan kegiatan bertujuan untuk melaksanakan pembinaan dan koordinasi SAR antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Basarnas Sulawesi Selatan dan seluruh Instansi atau organisasi berpotensi SAR di wilayah kerja kantor pencarian dan pertolongan Makassar, baik yang berasal dari instansi Pemerintah, TNI/Polri, organisasi maupun swasta.


Dalam sambutannya, Kepala Kantor Basarnas Sulawesi Selatan, Dr. Junaidy, S.Sos., MM., Mar., mengatakan latihan SAR daerah dan latihan potensi SAR adalah salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan untuk mengukur kemampuan kita agar menjadi tim yang handal. 


"Dalam rangka antisipasi kecelakaan atau bencana yang terjadi baik kecelakaan penerbangan, pelayaran, bencana alam dan kondisi yang membahayakan manusia. Pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan, selain memberikan ilmu dan pengetahuan tambahan kepada anggota juga untuk mengetahui kemampuan kerja tim," tutur Djunaedi. 


Selain itu, kata Junaidy, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya yang memiliki kompetensi dan pengetahuan dalam penyelenggaraan operasi SAR, khususnya di Kepulauan Selayar.


Lanjut Ia mengatakan dengan wilayah kerja yang begitu luas, dan jumlah personel yang terbatas, Basarnas Sulsel tentu kesulitan untuk menjangkau wilayah dalam waktu cepat. 


Terkhusus di Selayar dengan letak geografis yang terdiri dari banyak Pulau, maka potensi kecelakaan laut juga besar.


"Olehnya itu, kami berharap dengan kegiatan ini bisa memberi pengetahuan dan kepada peserta agar menjadi potensi-potensi SAR yang dapat membantu dalam penyelenggaraan operasi di Selayar”, jelas Djunaidy.


Sementara itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, S.H berharap kepada seluruh peserta setelah menyelesaikan progam pelatihan ini mampu mengimplementasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama latihan berlangsung. 


"Para peserta nantinya akan memiliki sikap mental sebagai potensi SAR dibidang kemanusiaan dan mampu mengimplementasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama latihan, untuk keperluan teknis operasional dilapangan pada saat dibutuhkan guna menangani kecelakaan atau musibah dan bencana yang terjadi dengan cepat dan maksimal," ujar Wabup. 


Lanjut Wakil Bupati Kepulauan Selayar kepada Panitia dan penyelenggara, segenap tenaga instruktur dan pembimbing, saya ucapkan selamat bekerja, semoga latihan ini dapat berjalan dengan lancar. 


"Saya berharap agar saudara–saudara terus menjaga kualitas pelatihan yang sudah terbina dengan baik serta memiliki visi dan misi yang sama sebagai potensi SAR, sehingga hasil dari latihan dapat digunakan secara optimal," ucap Wabup. 


Diakhir sambutan Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, S.H menyampaikan ucapan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.


"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, disertai ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan latihan SAR daerah dan pelatihan potensi ini," tutup Wabup. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1415 Selayar, Kapolres Kepulauan Selayar, Danposal Selayar, Kepala UPP Selayar, para kepala OPD terkait dan seluruh seluruh peserta pelatihan SAR. (Tim) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Basarnas Sulsel Laksanakan Latihan SAR Daerah dan Potensi SAR di Kep. Selayar

Trending Now

Iklan