Iklan

Update Terkini Gempa Sulbar : Mensos dan Kepala BNPB Tinjau Korban Gempa

Jumat, 15 Januari 2021 | 14:46 WIB Last Updated 2021-01-15T06:46:36Z


MEDIA SELAYAR
. Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo terbang ke Mamuju, hari ini Jum'at (15/1), untuk selanjutnya meninjau korban gempa di Majene, Sulawesi Barat.


Gempa yang mengguncang Majene dan Mamuju akibat aktivitas sesar naik Mamuju ini terjadi pada Kamis (14/1) pukul 14:35 Wita magnitudo (M) 5,9 lalu kembali terjadi pada Jumat (15/1) pukul 02:28 Wita M 6,2 pada kedalaman 10 kilometer.


Gempa dangkal yang dirasakan kuat ini membuat banyak bangunan roboh, sejumlah akses jalan terputus karena longsor. 


BNPB menyebut hingga saat ini terdapat 8 orang meninggal dunia, 637 luka-luka dan 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian.


Risma mengatakan, untuk pertolongan pertama, tagana setempat telah melakukan evakuasi bersama BPBD dan TNI-Polri.


"Bantuan logistik seperti matras, tenda, perlengkapan anak, perlengkapan lansia, makanan siap saji, dan lainnya dikirimkan bertahap mulai pagi ini", kata Risma. 


Semua logistik di gudang Sulawesi Barat dikeluarkan untuk membantu masyarakat. Dapur umum akan didirikan di titik pengungsian. Segera kami informasikan updatenya, katanya.


"Satu unit mobil dapur umum bisa memasak sampai 2.000 nasi bungkus dalam satu kali masak, sehingga dalam sehari bisa menghasilkan 6000 nasi bungkus", ungkap mantan Walikota Surabaya ini.


Risma menegaskan, pemerintah akan memberikan santunan kepada korban yang meninggal dunia.


"Datanya akan terus kami perbarui karena tim masih terus melakukan pendataan. Sesuai SOP, untuk korban meninggal akan mendapat santunan Rp 15 juta per orang yang diserahkan kepada ahli waris. Namun ini tentunya akan diserahkan menunggu seluruh data masuk," ucap Risma.


Rencananya, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemsos M Safii Nasution akan memimpin tim menuju lokasi gempa untuk melakukan identifikasi kebutuhan dan berkoordinasi dengan pemda setempat.


Terkait peninjauan lokasi gempa, BNPB menyebut, sebenarnya hari ini, Kepala BNPB bersiap melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang, Jawa Barat bersama sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VIII.


Mendengar kabar terjadinya gempa di Mamuju Sulawesi Barat, Presiden Joko Widodo memerintahkan Doni Monardo dan Mensos Risma berangkat ke Mamuju.


Doni Monardo juga langsung menginstruksikan helikopter BNPB menuju lokasi bencana. Ada empat helikopter BNPB dikerahkan. (Tim) 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Update Terkini Gempa Sulbar : Mensos dan Kepala BNPB Tinjau Korban Gempa

Trending Now

Iklan