Iklan

Dishub Selayar Dan Politehnik Pelayaran Makassar Buka Diklat SKK 60 Mil Dan BST Gratis

Media Selayar
Senin, 03 Februari 2020 | 17:47 WIB Last Updated 2020-02-03T10:24:50Z
MEDIA SELAYAR. Dalam waktu dekat ini tepatnya pada 24 Pebruari 2020, Dinas Perhubungan menggandeng Politekhnik Pelayaran Makassar akan melaksanakan pendidikan dan pelatihan kepelautan Basic Safety Training (BST) dan Surat Kecakapan Kepelautan 60 Mil (SKK 60 Mil) secara gratis, Pendidikan gratis ini dibuka secara luas kepada masyarakat untuk mengikutinya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Odding Karim MH kepada Pewarta di Kantor Dinas Perhubungan (3/2) siang, usai melaksanakan apel, membenarkan bahwa Pendidikan Gratis untuk mendapatkan surat kecakapan pelaut dan buku pelaut akan dilaksanakan di Selayar pada 24 Pebruari mendatang. Dan kesempatan ini seyogyanya dimanfaatkan oleh masyarakat Selayar, khususnya yang pelaut untuk mengikutinya, jelas H. Odding.

“Ini merupakan bukti nyata insan perhubungan, sesuatu yang memang menyentuh langsung ke masyarakat, kami sangat mengapresiasi terhadap Politekhnik Pelayaran Makassar mengingat pendidikan dan pelatihan ini sangat penting dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita khususnya para pemuda dan nelayan, ungkapnya. 

“Di Kepulauan Selayar para nelayan kan masih banyak yang kurang paham tentang bagaimana keselamatan berlayar, bagaimana aturan yang ada di laut, serta bagaimana dia itu bisa berlayar secara aman dan nyaman. Nah disini tentu saja akan memberikan pembelajaran, pengajaran juga pengetahuan kepada masyarakat, kepada nelayan dan pelayar atau pelaut agar dipergunakan nantinya,” kunci H. Odding Karim, Kadis Perhubungan Selayar. 

Sementara itu, sebelumnya, Kabid Perhubungan Laut, Andi Caco Amras, menyebut bahwa kegiatan seperti ini telah beberapa kali dibuka di Selayar, namun karena pentingnya melengkapi para pelaut kita dengan kelengkapan SKK 60 Mil dan BST atau buku pelaut maka pendidikan gratis ini kita buka lagi, bersamaan dengan kesempatan Politeknik Pelayaran Makassar dapat diajak bekerjasama untuk pendidikan gratis bagi pelaut dan nelayan kita di Selayar, jelasnya.

“Kita sangat tertolong dengan adanya kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Politeknik Pelayaran Makassar, karena kalau mau ikut diklat di Jakarta jauh dan membutuhkan dana yang cukup besar, kita sangat berterimakasih dengan program pelatihan gratis ini,” 

Catatan yang diterima dari panitia, jadwal pelaksanaan akan dibuka pada tanggal 24 Februari 2020 dengan kuota 200 orang. Calon peserta harus memenuhi persyaratan sebagaimana terlampir dan tidak pernah memiliki sertifikat BST sebelumnya.

Sementara itu persyaratan peserta Diklat Keterampilan Dasar-Dasar Keselamatan (BST KLM) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 60 Mil

1. Usia minimal 18 tahun (fotocopy Akta Kelahiran);
2. Fotocopy KTP;
3. Fotocopy Ijazah minimal SD/MI/Paket A;
4. Pas foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar;
5. Lulus pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim
Dokter PIP Makassar;
6. Berprofesi sebagai Nelayan.

Selengkapnya para calon peserta atau mereka yang berminat mengikuti program ini dapat menghubungi pantia di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Selayar. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dishub Selayar Dan Politehnik Pelayaran Makassar Buka Diklat SKK 60 Mil Dan BST Gratis

Trending Now

Iklan