Iklan

Pemerintah Masih Kaji Kebijakan Distribusi Subsidi Gas 3 Kg

Redaksi
Minggu, 19 Januari 2020 | 12:27 WIB Last Updated 2020-01-19T04:27:07Z
  Pemerintah Masih Kaji Kebijakan Distribusi Subsidi Gas 3 Kg

MEDIA SELAYAR ■ Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan rencana pemerintah mengatur ulang kebijakan distribusi Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 kg subsidi dari terbuka ke tertutup (dengan syarat tertentu) masih dalam tahap kajian.

"Kami sedang dalam pembahasan," kata Arifin dalam keterangannya pada Minggu (19/1).

Menurutnya, pembahasan pengaturan ulang atas pemberian subsidi LPG 3 kg tepat sasaran melibatkan banyak instansi terkait dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat kecil dan juga pengusaha.

"Pengaturan subsidi LPG 3 kg tertutup tengah dikaji dengan tujuan agar subsidi yang diberikan pemerintah nantinya lebih tepat sasaran. Pemerintah selanjutnya akan mendata warga yang benar-benar membutuhkan subsidi dari pemerintah," ungkapnya.

Arifin Tasrif menyebutkan bahwa Subsidi tertutup diidentifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima tapi tidak dibatasi, yang menerima tetap menerima.

Pada dasarnya, kata Arifin Tasrif, Pemerintah berkomitmen memberikan akses energi yang merata kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa ada pihak yang dirugikan.

"Kami di Kementerian ESDM memiliki visi bagaimana bisa menyediakan energi untuk seluruh lapisan masyarakat dengan menyesuaikan kemampuan masyarakat," ujarnya.

Saat ini pemerintah tengah berusaha terus menekan angka subsidi energi agar lebih tepat sasaran dan digunakan untuk sektor yang lebih produktif.

"Pada 2020, pemerintah memproyeksikan subsidi LPG 3 Kg sesuai APBN sebesar Rp50,6 triliun," imbuhnya.

Besaran subsidi tersebut lebih rendah dibandingkan pada 2018 yang mencapai angka Rp58,1 triliun untuk subsidi LPG 3 Kg.

■ JBN/R-01

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Masih Kaji Kebijakan Distribusi Subsidi Gas 3 Kg

Trending Now

Iklan