Dari Anggaran Yang Sedikit Sampai KPPS Belum Sosialisasi Cara Mencoblos Hingga Distribusi Logistik Terlambat Merepotkan PPKD

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Dari Anggaran Yang Sedikit Sampai KPPS Belum Sosialisasi Cara Mencoblos Hingga Distribusi Logistik Terlambat Merepotkan PPKD

Media Selayar
Selasa, 03 Desember 2019
Penjemputan Logistik Pilkades Rajuni (2/12) sore. (GWA).
MEDIA SELAYAR. Awalnya anggaran Pilkades pada setiap desa dialokasikan sebesar 30jt perdesa. Hal ini sesuai sosialisasi Plt. Kadis PMD kepada Panitia Pelaksana di Desa. 

Namun kemudian dijelaskan berubah menjadi perhitungan sesuai luas wilayah dan jumlah pemilih, maka anggaran tersebut kemudian dikurangi.

Misalnya untuk desa Maharayya, hanya menjadi 26juta rupiah. Namun tidak tahu dengan desa lain. Jelas sumber (Red) di Maharayya, Kec. Bontomatene, kepada Pewarta, Rabu (3/12) atau -2 H Pilkades Serentak 2019, yang akan di gelar pada 5 Desember 2019.

Sementara itu mengenai distribusi logistik Pilkades untuk desa ini, hingga H -2 (3/12) pukul 00.01 WITA, belum tiba.

Dan menurut Panitia akan didistribusi pada tanggal 4 Desember 2019 atau sehari sebelum pemilihan, jelas Sumber (Red).

Lambatnya pendistribusian surat suara, menurut sumber, akan cukup merepotkan panitia di desa, mengingat waktu dan kewajiban sortir ulang surat suara oleh panitia desa, wajib dilakukan. Jangan sampai kurang atau ada yg rusak, khwatirnya.

Mengenai sosialisasi cara mencoblos kepada pemilih, ternyata juga belum dilakukan oleh Panitia Desa, dengan alasan, bukan ranah panitia desa akan tetapi ranah Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Ditanya mengenai keamanan dan pengamanan Pelaksanaan Pilkades di Desa Maharayya, sumber mengaku mendapat bocoran, hanya tercatat dianggarkan untuk 2 Hansip KPPS dan 2 Hansip Desa. Selain itu belum tahu.

Yah mau diapa lagi, panitia hanya cukupkan anggaran saja, walaupun semua panitia di desa gerah tapi mau diapakan lagi, keluh sumber.

Sementara itu, dari berita sebelumnya, Distribusi logistik Pilkades serentak ke wilayah kepulauan dikawal langsung oleh Kapolres Kepulauan Selayar, Akbp. Temmangangro, bersama sejumlah Perwira Polres.

Info terkahir yang diterima, Distribusi Logistik  ke wilayah Pasimasunggu dan Pasimarannu, Pasilambena serta Takabonerate sudah sampai dengan menggunakan kapal sewa.

Selanjutnya deklarasi damai dilaksanakan di Ibu Kota Kecamatan yang disinggahi Kapolres. (Lo2)..