Iklan

Izin Penyelaman dan Pengangkatan Barang Antik BMKT Tile-Tile Selayar Dipertanyakan'

Media Selayar
Senin, 21 Oktober 2019 | 14:49 WIB Last Updated 2019-10-21T07:00:51Z
MEDIA SELAYAR. Pengangkatan barang muatan kapal tenggelam (BMKT) Tile-Tile terpantau dilakukan dipantai Tile-Tile, Desa Patikarya, Kec. Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, pada Minggu (20/10) siang.
Penyelaman dan pengangkatan barang antik berupa mangkuk dan uang antik serta barang lainnya dilakukan oleh penyelam yang mengaku dari pihak pemerintah pusat dan provinsi Sulsel.

Dan menurut surat yang diterima penyelaman dilakukan sejak dua hari lalu dan akan berakhir pada tanggal 24 Oktober 2019 sesuai surat Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengenai jumlah barang antik yang ditelah diangkut ke kapal belum diketahui jumlahnya. Namun diperkirakan barang antik jenis koin sudah mencapai ratusan keping jumlahnya. Sementara mangkuk dan barang lainnya belum ada data pasti.

Info yang berhasil diterima Pewarta, kalau pengangkatan ini belum mendapat restu resmi dari Pemerintah Selayar, namun ada juga info yang menyebut bahwa Pemerintah Selayar dibatasi aturan terkait kewenangan dilaut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si, Senin (21/10) melalui pesan wa kepada Pewarta menjawab kalau kegiatan penyelaman dan pengangkatan sudah melapor, namun Ia belum melihat izinnya.

H. Marjani juga mengarahkan Pewarta untuk menanyakan langsung dan menyebut katanya izin kegiatan ini ada di Dinas Pendidikan Selayar.

" Sdh melapor tp sy blm liat izinnya
Coba kita tanya lsg katanya ada ijinnya tp blm sy liat katanya dia simpan di Kadis pk
Katanya Diknas tp sy blm liat" balas H. Marjani. 

Barang antik ini mempunyai sejarah yang tak ternilai harganya diperkirakan berasal dari sebuah kapal dagang Cina (Dinasti Tsun) dan diperkirakan berusia sekitar 1000an tahun lalu.

Berasal dari dinasti cina yang karam di perairan Tile Tile pantai barat Selayar pada kedalaman 20 meter hingga 30 meter.

Ratusan keping barang antik dan uang koin tua yang sudah diangkat menurut salah seorang petugas diatas kapal dibawa ke salah satu ruangan di museum yang ada di Matalalang.

Sementara dari pantauan Pewarta dilokasi ada tiga kapal yang melakukan penyelaman diantaranya milik Dinas Pariwisata Selayar. (Tim).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Izin Penyelaman dan Pengangkatan Barang Antik BMKT Tile-Tile Selayar Dipertanyakan'

Trending Now

Iklan