Politeknik Negeri Bali Satu-Satunya Perguruan Tinggi Bisa Wisuda Di Selayar

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Politeknik Negeri Bali Satu-Satunya Perguruan Tinggi Bisa Wisuda Di Selayar

Media Selayar
Selasa, 01 Oktober 2019
Politeknik Negeri Bali, Satu-Satunya Perguruan Tinggi Bisa Wisuda Di Selayar
MEDIA SELAYAR. Satu-satunya Perguruan Tinggi yang berani dan mampu melakukan wisuda sarjana kepada peserta didiknya adalah PDD Selayar Politeknik Negeri Bali, rintisan Akademi Komunitas Negeri Selayar. 

Ini merupakan satu kebanggaan dan keistimewaan. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan, M.Si.saat mewakili Bupati menghadiri wisuda angkatan II PDD Kabupaten Kepulauan Selayar Politeknik Negeri Bali, pada Senin (30/9).

H. Marjani dalam sambutan selanjutnya menyebut bahwa jurusan yang dibuka sangat relevan dengan kebutuhan SDM dalam rangka pengelolaan potensi daerah. Prodi akomodasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata sungguh sangat dibutuhkan dalam pengembangan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus bidang pariwisata," ucap H. Marjani Sultan.

Ia berharap kebutuhan SDM bagi investor di Selayar ke depan dapat disuplai dari PDD Selayar Politeknik Negeri Bali. Mengakhiri sambutannya, Ia memberi selamat kepada wisudawan.

Catatan yang diterima Pewarta, sebanyak 101 orang mahasiswa PDD Kabupaten Kepulauan Selayar Politeknik Negeri Bali rintisan Akademi Komunitas Negeri Selayar mengikuti wisuda angkatan II Tahun 2019 di Gedung Rayhan Square Benteng.

Para wisudawan itu terdiri dari 49 orang mahasiswa program studi Usaha Perjalanan Wisata Diploma Dua, dan 52 orang program studi Akomodasi Perhotelan Diploma Dua.

Sementara itu Koordinator PDD Kepulauan Selayar H. Patta Bone, S.Ip., M.H., mengatakan mereka para mahasiswa didik pada PDD Kepulauan Selayar Politeknik Negeri Bali selama empat semester termasuk praktek kerja lapangan di dunia usaha/dunia industri selama empat bulan, dibeberapa perusahaan, baik di hotel-hotel-hotel, di travel agent, bandar udara dan lembaga lainnya.

"Berhubung di Selayar ketersediaan hotel dan travel yang representatif belum tersedia sesuai kebutuhan, maka pada umumnya mereka melaksanakan praktek kerja lapangan di hotel-hotel berbintang dan travel agent di Makassar," kata H. Patta Bone.
Sebelum diwisuda kata H. Patta Bone, mereka telah melakukan ujian kompetensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Negeri Bali untuk mendapatkan sertifikat profesi (keahlian) yang dibagi dalam empat kelompok yaitu, house keeping, front office, waiter (FB service) dan tour guiding.

"Karena itu, mereka yang diwisuda hari ini, bukan hanya ijazah yang diperolehnya, melainkan mereka memperoleh sertifikat profesi sesuai jurusan masing-masing," jelasnya. (KT2)