Ekslusive Bersama MBA " Siap Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis Tehnologi Informasi"

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Ekslusive Bersama MBA " Siap Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis Tehnologi Informasi"

Media Selayar
Senin, 23 September 2019

Ekslusive Bersama MBA " Siap Wujudkan Pelayanan Publik, Berbasis Tehnologi Informasi"

MEDIA SELAYAR. Semua program yang memiliki basis data yang akurat, pasti akan terlaksana dengan baik demikian juga sebaliknya, jika sebuah program tidak memiliki basis data yang akurat maka tentu saja program tersebut tidak akan berjalan dengan baik,

Olehnya itu, saat ini Saya sebagai Bupati terus menerus mengajak dan menyampaikan kepada jajaran untuk terus berbenah agar semua program dapat berjalan dan dapat berdaya guna serta bermanfaat bagi masyarakat, demikian dijelaskan oleh Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali (MBA) secara ekslusive kepada Pewarta Selayar pada akhir pekan kemarin.

Lebih lanjut, MBA menggambarkan bagaimana strateginya dalam membangun daerah, yang menurut MBA sangat membutuhkan dukungan dan peran-serta semua stake holder ditatanan Pemerintahan, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat. Karena membangun Selayar, problematikanya jauh lebih dinamis dari daerah lain di Indonesia ini, jelas MBA.

Luasnya wilayah daratan dan kepulauan yang diantarai lautan, membuat daerah kita, sama sekali beda dengan daerah lainnya. Bukan berarti lebih rumit atau susah akan tetapi lebih spesifik dalam penanganan dan lebih berdinamika dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, jelas MBA.

Sehingga dibutuhkan strategi khusus bagi Pemerintah. Misalnya dengan banyak mempelajari kemajuan tehnologi dan mengkloning inovasi yang positif dan cocok digunakan dalam melayani masyarakat Selayar. Saya garis bawahi, yang positif dan bermanfaat dalam melayani masyarakat Selayar, ucap MBA.

Sebutlah saat ini, kita rencanakan membangun sistem pelayanan publik berbasis IT, ini sangat cocok bagi daerah kita ini, apalagi saat ini kemajuan tehnologi informasi bukan lagi sebuah barang baru bagi masyarakat. Sehingga sudah seyogyanyalah, kita pikirkan kemajuan ini dimanfaatkan dalam pelayanan pemerintah kepada masyarakat Selayar.

Ya, saya akan maksimalkan waktu dan efisienkan anggaran, dengan perencanaan yang matang agar semua bisa kita laksanakan, apalagi kalau misalnya kita bisa lanjutkan ke arah inovasi pemerintah desa berbasis IT, agar dalam melayani masyarakat, tidak lagi membutuhkan waktu lama dan biaya yang tinggi. 

Insya Allah, masyarakat Selayar pasti mendukung upaya ini, maka kita akan buktikan pelayanan publik yang akan mempermudah masyarakat Selayar, yang murah, mudah dan cepat. Langkah pertama tentu saja kita akan segera mengupayakan bagaimana agar signal internet di seluruh Selayar dapat terjangkau, tegas MBA. 

Selanjutnya kita akan membenahi sistem dan mempercepat pembenahan basis data yang akurat, dan selanjutnya membuka akses pelayanan publik berbasis IT, sehingga pelayanan publik dapat segera kita aplikasikan. Sabar, kita pelan-pelan dan kita akan buktikan bahwa Selayar juga bisa, ucap MBA.

Menata tata pemerintahan baru yang memikirkan keperluan dan kepentingan masyarakat, adalah salah satu niat dari MBA, kendati demikian MBA mengaku butuh waktu untuk dapat mencapainya. Manusia punya keterbatasan dan daerah kita juga sangat membutuhkan sentuhan.

Dalam perbincangan dengan MBA, Pewarta menarik satu kesimpulan bahwa niat MBA untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Selayar masih full gas. Terbukti, MBA saat ini berniat melakukan perombakan besar-besaran pada sistem pelayanan masyarakat. Dimana pelayanan Publik Berbasis IT menjadi pilihan MBA, demi maksimalnya pelayanan Pemerintah kepada Masyarakat Selayar ke depannya.

Ya' Konsep ini, saya kira bisa bermanfaat dan tentu saja akan mampu menggenjot kesejahteraan masyarakat Selayar. Kuncinya, kita akan berupaya memberi pelayanan maksimal dan program ini diharapkan dapat memuaskan masyarakat Selayar dalam pelayanan publik, dengan memperpendek jarak, mepercepat waktu dan mempermudah serta memurahkan segala urusan, itu niat saya, ujar MBA kepada Pewarta. 

Ini Amanah Pak Jokowi, agar mengedepankan sistem pelayanan publik berbasis tehnologi, agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih mudah, jelas MBA. Segera kita di Selayar akan siapkan, dan tapi kita butuh waktu dalam pembangunan sistim dan basis datanya, Insya Allah kita akan mulai,

Saya juga sudah menekankan kepada jajaran pemerintahan untuk terbiasa bersentuhan dengan dunia teknologi informasi. "Mulai dari sekarang semua jajaran harus terbiasa menggunakan internet sebagai basis komunikasi dan bisa menggunakannya untuk berinteraksi di ruang publik ". (Lo2)