Pelajar SMK 1 Selayar Ikut Aksi " Menghadap Laut 02 " Dan Bersih Pantai Kampung Penyu

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Pelajar SMK 1 Selayar Ikut Aksi " Menghadap Laut 02 " Dan Bersih Pantai Kampung Penyu

Media Selayar
Minggu, 18 Agustus 2019
Pelajar SMK 1 Selayar Ikut Aksi, Menghadap Laut 02 Dan Bersih Pantai Kampung Penyu

MEDIA SELAYAR. Ratusan orang dari berbagai komunitas dan organisasi peduli lingkungan, pelajar dan masyarakat berbaur dan berkumpul melaksanakan aksi "Menghadap Laut 2.0" bersih pantai di Kampung Penyu, Kecamatan Bontomanai Kabupaten Kepulauan Selayar, pada Minggu (18/8).

Kegiatan "Menghadap Laut 2.0" bersih bersih pantai dan laut diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pandu Laut Nusantara dan puluhan komunitas pecinta laut. Yang juga dilaksanakan secara serentak di 74 titik sungai dan laut di Indonesia, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74. 

Pelajar SMK 1 Selayar Ikut Aksi " Menghadap Laut 02 ", Dan Bersih Pantai Kampung Penyu
Dalam kegiatan ini, pelajar SMK 1 Selayar juga turut ambil bagian dan ikut bersama melaksanakan bersih pantai di Kampung Penyu.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengedukasi masyarakat dan warga di sekitar akan pentingnya membersihkan pantai dan laut dari sampah," kata Makkasolla, Kepala Sekolah SMK 1 Selayar,

Ia menyatakan kegiatan bersih-bersih pantai tersebut sangat penting mengingat sampah merupakan persoalan seluruh pihak dan menjadi pekerjaan rumah hampir di seluruh negara di dunia, motivasi inilah yang membuat kami para tenaga pengajar di SMK 1 Selayar memberi support kepada anak didik untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Dikutip dari sejumlah media online, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengajak masyarakat untuk membersihkan laut dari sampah lewat aksi "Menghadap Laut 2.0" yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pandu Laut Nusantara dan puluhan komunitas pecinta laut.

"Kami ingin awareness (kesadaran) masyarakat Indonesia terhadap laut lebih tinggi, lebih bisa menjaga. Karena laut ini penting sekali," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.
Susi menuturkan aksi Menghadap Laut 2.0 kali ini memasuki tahun kedua di mana pada kegiatan serupa tahun lalu ia hadir di Bitung, Sulawesi Utara.

Pada aksi tahun lalu, terkumpul sekitar 366 ton sampah plastik dari sekitar 100 titik kegiatan aksi. "Bayangkan 360 ton sampah plastik dan itu hanya dua jam saja. Tahun ini saya akan ada di (Pantai Timur) Ancol, kita harap semua organisasi, individu, bisa ikut datang juga," katanya.

Ketua Umum Pandu Laut Indonesia Bustar Maitar menjelaskan kegiatan Menghadap Laut merupakan ide Menteri Susi karena selama ini bangsa Indonesia terus memunggungi laut, demikian dikutip dari Antara. (Lo2)