Kadis Pertanian Pimpin Koordinasi Petani dan Peternak di Desa Laiyolo

Iklan Semua Halaman


Header Menu

Kadis Pertanian Pimpin Koordinasi Petani dan Peternak di Desa Laiyolo

Media Selayar
Kamis, 17 Januari 2019
Kadis Pertanian, Pimpin Koordinasi Petani dan Peternak di Desa Laiyolo

MEDIA SELAYAR. Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar, Ir. Ismail pimpin rapat koordinasi Peraturan Daerah (Perda) No 20 tahun 2009, tentang pemeliharaan ternak. Rapat koordinasi ini berlangsung di kantor Desa Layolo, Kecamatan Bontosikuyu, pada Kamis 17 Januari 2019.

Kadis Pertanian, Pimpin Koordinasi Petani dan Peternak di Desa Laiyolo

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kepala Desa Laiyolo,  Babinsa, Babinkamtibmas Desa Laiyolo, Kabid Peternakan, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, BPD desa Laiyolo dan tokoh masyarakat serta para peternak di desa tersebut.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Ismail dalam arahannya menyampaikan harapan, agar para Peternak dan Petani serta seluruh elemen masyarakat di desa, seyogyanya bisa bekerjasama dan bersatu untuk terwujudnya keharmonjsan dalam masyarakat, bukan malah saling menyalahkan.

Dalam arahan tersebut Ir. Ismail juga menjelaskan bahwa dalam perda No. 20 tahun 2009 Bab VIII Pasal 8 sudah tertulis jelas, bahwa kewajiban peternak itu adalah menyiapkan kandang,

Lebih lanjut Ir. Ismail secara tegas menekankan, agar para peternak serius memperhatikan mengenai penghijauan pakan ternak, dan padang penggembalaan, agar ternak tersebut tidak mengganggu lalu lintas jalan raya dan petani.

Selain itu, Ir Ismail juga berharap agar para petani membuat pagar pada lokasi pertaniannya, sehingga ternak tidak leluasa merusak lahan mereka.

Dalam hal koordinasi ini, Kadis Pertanian mengutarakan, apabila ada masalah antara peternak dan petani, maka sebaiknya diselesaikan secara musyawarah dan mufakat di tingkat desa. Bukan malah mencari kambing hitam atau saling mencari kesalahan.

Dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Selayar,  khusunya bidang peternakan, tercatat tingkat populasi ternak khususnya sapi di wilayah kecamatan Bontosikuyu berkembang cukup cepat. Selain karena wilayah yang menunjang, juga karena ketersediaan pakan yang cukup.


(*)