Dinas Kesehatan Kab.Kep. Selayar Ingatkan Kewaspadaan Dini DBD

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Dinas Kesehatan Kab.Kep. Selayar Ingatkan Kewaspadaan Dini DBD

Media Selayar
Kamis, 31 Januari 2019

Dinas Kesehatan Kab.Kep. Selayar, Ingatkan Kewaspadaan Dini DBD

MEDIA SELAYAR. Menyikapi berkembangnya informasi dan pemberitaan melalui sejumlah media, mengenai adanya beberapa daerah diluar Kabupaten Kepulauan Selayar, yang warganya terserang penyakit demam beradarah dangue (DBD),

Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali menyampaikan dan mengingatkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, mengenai kesiapan dan antisipasi bila ada serangan DBD ke daerah ini.

"Sangat penting informasi dan berita DBD di daerah luar Selayar ini kita sikapi, setidaknya kita antisipasi dan kita harus waspada, apalagi daerah kita juga sementara musim penghujan dan ada beberapa wilayah yang baru baru ini tergenang banjir", kunci H.M. Basli Ali.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar juga telah mengeluarkan surat kepada seluruh Puskesmas, terkait antisipasi dan kewaspadaan dini terhadap serangan nyamuk demam bardarah dangue, sebagai penyebab utama DBD.

Dalam surat tersebut, Kadis Kesehatan, H. Husaini M. Kes menekankan agar meningkatkan upaya pergerakan masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi dalam pemberantasan sarang nyamuk dengan kegiatan menguras menutup dan memanfaatkan kembali barang bekas.

Mencegah gigitan nyamuk serta melihatkan gerakan satu rumah satu jumantik atau Giring.

Meningkatkan surveilans kasus dan surveilans faktor risiko terhadap kejadian demam berdarah dengue di antaranya melalui kegiatan pemantauan jentik berkala dan mengaktifkan juru pemantau jentik.

Meningkatkan sumber daya pencegahan dan pengendalian DBD meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia bahan dan peralatan untuk melakukan deteksi dini dan pengobatan segera di puskesmas.

Serta melaporkan ke Dinas Kesehatan apabila menemukan kasus demam berdarah dengue.

Sementara itu dari pantauan dan konfirmasi Pewarta ke Puskesmas Benteng, melalui dr. Frangky Wijaya,(30/1) sampai sejauh ini, tidak ada pasien DBD yang dirawat di Puskesmas. Demikian juga di Rumah Sakit Selayar juga belum ada pasien yang dirawat akibat penyakit DBD.


(Lo2)