Iklan

Bukan Saja Garam Tapi Harga Asam Di Pasaran Selayar Juga Ikut Naik

Media Selayar
Minggu, 30 Juli 2017 | 09:46 WIB Last Updated 2020-05-09T16:44:03Z
Bukan Saja Garam Tapi Harga ,Asam, Di ,Pasar Selayar, Juga Ikut Naik

MEDIA SELAYAR. Kenaikan akibat kelangkaan garam secara nasional juga berimbas ke pasaran di Kabupaten Kepulauan Selayar. Bukan saja garam akan tetapi harga asam kebutuhan dapur di pasaran Selayar mengalami lonjakan yang signifikan hingga 200% dari harga sebelumnya pada awal bulan Juli 2017 ini.

Minggu terakhir bulan Juli 2017 ini, harga garam sudah mengalami kenaikan di dua pasar yang ramai dikunjungi warga Selayar. Misalnya dipasar PPI Bonehalang, harga garam yang biasanya 2000 rupiah per 500gram, hari ini dari pantauan harganya sudah dibandrol dengan 4000 rupiah dalam kemasan 500 gram.

Belum lagi harga asam, dari harga 15 ribu perkilonya, hari ini dibandrol dengan harga 40 ribu perkilonya. Hal ini menurut pedagang, karena pasokan yang memang sangat kurang dan harganya memang naik dari harga sebelumnya dari pedagang pemasok ke pedagang Selayar.

Bukan saja garam dengan kemasan bermerk yang mengalami kenaikan, garam karungan yang dipasok dari Kabupaten Jeneponto juga mengalami kenaikan harga eceran. Apalagi sekarang pasokan garam dari Jeneponto mulai sulit didapat dan sangat sulit mendapatkan dengan harga lama, ujar Bu Eni salah seorang pedagang eceran.

Memang kenaikan harga tidak membuat dagangan saya sepi, tapi kenaikan harganya yang dikeluhkan, ucapnya lagi. Bukan saja pembeli, tapi produsen ikan kering di daerah ini juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan harga garam yang aga murah. Sementara untuk menaikkan harga ikan kering, tidak akan mungkin karena dipastikan pembeli akan sepi.

Kenaikan harga tidak mungkin bisa dihindari mengingat kebutuhan garam masih merupakan pasokan dari daerah lain. Berbeda dengan asam, belum diketahui jelas penyebab kenaikannya. Yang pasti kebutuhan asam dipasar Selayar sebagian masih merupakan produksi lokal.

Sementara itu, belum ada konfirmasi ke pihak pemerintah terkait, mengingat libur kantor, Minggu 30 Juli 2017 saat berita ini ditayangkan. (Lo2)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukan Saja Garam Tapi Harga Asam Di Pasaran Selayar Juga Ikut Naik

Trending Now

Iklan