Membangun Desa Tambolongan Melalui Potensi Perikanan Dan Kelautan

Header Menu

MEDIASELAYAR.COM | MEDIANYA ORANG SELAYAR
Cari Berita

Membangun Desa Tambolongan Melalui Potensi Perikanan Dan Kelautan

Media Selayar
Sabtu, 25 Februari 2017

Membangun Desa Tambolongan, Melalui ,Potensi Perikanan Dan Kelautan
Makkawaru, Kades Tambolongan .(Foto: Ucok)
MEDIA SELAYAR. Desa Tambolongan Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar, adalah salah satu Desa yang dibangun dengan mengandalkan potensi perikanan dan kelautan yang bila dikelola secara maksimal, sangat mampu mensejahterakan warganya.

Selain potensi perikanan dan kelautan, Desa Tambolongan juga memiliki potensi Pariwisata dimana wilayah desa ini dikelilingi pantai pasir putih yang indah. Demikian dijelaskan oleh Makkawaru, Kades Tambolongan (24/2) 

Makkawaru adalah Kades Tambolongan terpilih Periode 2012 – 2018. Saat ini telah membangun Desa Tambolongan selangkah lebih maju dari sebelumnya. Diantaranya pembangunan sarana Posyandu serta Sumur Umum disetiap Dusun dari Lima Dusun yang ada di wilayahnya.

Pembangunan lainnya juga ada pembangunan fasilitas umum berupa pembangunan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) dan juga akan dibangun di setiap Dusun, perencanaannya akan dibuktikan hingga akhir periodenya.

Melalui hasil Musrenbang Desa direncanakan pembangunan infrastruktur jalan Desa untuk tahun 2017 melalui ADD Desa.

Desa Tambolongan yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 1345 jiwa atau 300 lebih Kepala Keluarga (KK). Untuk kepentingan Politik Desa Tambolongan mempunyai Wajib pilih 800 lebih, dari Lima dusun yang ada diantaranya Dusun  Lampe, Dusun Lembang, Dusun Batu Palangka Dusun Tangnga - Tangnga, Dusun Kampong Munte.

Sementara itu Desa Tambolongan mulai tahun anggaran sebelumnya juga telah menerima bantuan dari beberapa instansi tekhnis, lingkup Pemkab Kepulauan Selayar, diantaranya,  dari Dinas Kelautan dan Perikanan, berupa bantuan alat tangkap nelayan jenis mesin katinting, jaring.

Bantuan dari Dinas Pertanian berupa pupuk buah, serta ada pula bantuan alat pertukangan dari instansi lainnya.

Selain itu Desa Tambolongan, juga telah menerima bantuan kelistrikan dari Dinas ESDM tahun anggaran 2016 lalu, berupa bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 75 Kilo Watt (KW), hanya saja berdasarkan kebutuhan warganya belum terpenuhi secara keseluruhan dan Pemerintah Desa bersama masyarakat Desa Tambolongan masih membutuhkan tambahan bantuan pembangkit Listrik yang sama.

Penulis : Ucok
Editor  : Lolo Muda

BACA JUGA BERITA LAINNYA : 
  1. Sekda Ikuti Forum Implementasi Pengembangan Komoditi Unggulan Sulsel
  2. Ini Susunan Tim Satgas Saber Pungli Kab.Kep.Selayar