Iklan

Pemkab.Kep.Selayar Akan Kembangkan Koperasi Dan UMKM

Media Selayar
Selasa, 22 November 2016 | 15:28 WIB Last Updated 2022-04-15T07:15:21Z
Pemkab.Kep.Selayar, Akan Kembangkan Koperasi, Dan ,UMKM

MEDIA SELAYAR. Pemrov Sulsel melaksanakan kegiatan Sosialiasi Pergub Nomor 18 Tahun 2016 di Kabupaten Kepulauan Selayar (20/11). Kegiatan sosialisasi ini berlangsung di Baruga Rumah Jabatan Bupati Kep.Selayar dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’man, Muh.Basli Ali, Bupati Kep.Selayar, Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal, para Kepala Badan, Dinas, dan Kantor, serta para pelaku UMKM.

Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali dalam pidatonya menjelaskan bahwa kondisi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Selayar belum menunjukkan kemajuan yang signifikan, baik dari segi kelembagaan maupun tingkat produktifitas usaha.

Hal mendasar yang dihadapi adalah terbatasnya akses  koperasi dan UMKM pada sumber daya produktif seperti permodalan, tekhnologi, informasi, dan pasar. Keterbatasan tersedianya dana untuk modal kerja atau investasi menyebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya,” kata Basli Ali.

Untuk mengatasi hal tersebut, Bupati mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar akan berupaya mengambil langkah-langkah kebijakan yaitu dengan memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha yang baru.

Selain itu mengembangkan usaha-usaha lainnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar. Hal dimaksud adalah mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis home industri, meningkatkan SDM , mengembangkan infrastruktur dasar, dan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan untuk mendorong kehidupan yang tertib, demokratis,  dan sadar hukum serta mewujudkan pemerintahan yang baik.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’man mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, pasalnya pada Tahun 2015 lalu, pertumbuhan ekonominya tertinggi di Sulsel. (FIRMAN)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemkab.Kep.Selayar Akan Kembangkan Koperasi Dan UMKM

Trending Now

Iklan